PENDIDIKAN KARAKTER BERWAWASAN TASAWUF

Mohamad Ali(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Penguatan karakter anak bangsa melalui jalur pendidikan terus diupayakan pemerintah, terlebih pada masa Presiden Jokowi yang mengusung revolusi mental dalam visi Nawacita. Sejumlah paket kebijakan diluncurkan. Meski begitu, pencapaian masih jauh dari cita-cita reformasi 1998, yakni terwujudnya pemerintahan bersih dari praktik KKN (korupsi, kolusi, nepotisme). Kegagalan ini disinyalir karena praktik pendidikan karakter terlalu kaku, formalistik, dan lebih dari itu, mengabaikan dimensi batin/kejiwaan dan religiusitas. Dalam rangka mengatasi kebuntuan ini, pendekatan tasawuf ditawarkan. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk (1) memahami pola kebijakan pemerintah tentang penguatan pendidikan karakter, (2) menelaah konsep-konsep kunci tasawuf yang dapat disumbangkan dalam pengembangan pendidikan karakter, dan (3) mengkonstruk atau menemukan rumusan konseptual pendidikan karakter yang berwawasan tasawuf.

Dengan metode filsafat dan analisis isi, penelitian ini berhasil menemukan tiga hal berikut. Pertama, pola kebijakan pemerintah dalam penguatan pendidikan karakter memadai. Kedua, konsep-konsep kunci tasawuf, seperti dua jalan, ayunan bandul karakter manusia (fujur-taqwa), dan tahapan perkembangan karakter (nafsu amarah, nafsu lawwamah, dan nafsu muthmainah) dapat memperkaya pendidikan karakter. Ketiga, secara konseptual pendidikan karakter berwawasan tasawuf adalah suatu pola pendidikan karakter yang menyadari bahwa karakter manusia bersifat dinamis, seperti ayunan bandul yang bergerak bolak-balik ujung kiri (fujur) ke ujung kanan (taqwa) dan sebaliknya, yang kemudian dilakukan usaha sadar, terukur, dan terencana dalam menumbuh-kembangkan karakter anak sedemikian rupa, sehingga berhasil mendaki dari tahap karakter amarah ke lawwamah dan memuncak menuju karakter muthmainnah. 

Keywords

pendidikan karakter, tasawuf akhlak, kebaikan, ketakwaan

Full Text:

PDF

References

Ali, Mohamad. “Pendidikan Karakter” dalam harian Solopos 5 April 2017.

Atjeh, Aboebakar. Pengantar ilmu tarekat. Solo: Ramadhani, 1983.

Asad, Muhammad.. The Message of the Al-Quran: Tafsir Al-Quran untuk orang-orang yang berakal. Dindonesikan Tim Penerjemah Mizan. Bandung: Mizan, 2017.

Ali, Abdullah Yusuf. Tafsir Yusus Ali: Teks, terjemahan, dan tafsir Quran 30 Juz. Dindonesiakan Ali Audah. Jakarta: Lintera Antar Nusa, 1996.

Baker, Anton dan Achmad Charris Zubair. Metodologi penelitian filsafat. Yogyakarta: Kanisius, 2015.

Darminta, J. Praksis Pendidikan nilai. Yogyakarta: Kanisius, 2006.

Effendi, Djohan. “Tasawuf Al-Quran tentang perkembangan jiwa manusia”, dlm. Jurnal Ulumul Quran No. 8/Vol. II/ 1991.

Kaswardi, E.M.K. (Ed.). Pendidikan nilai memasuki tahun 2000. Jakarta: Gramedia.

Koesoema A, Doni. Pendidikan karakter strategi mendidik anak di zaman global. Jakarta: Grasindo, 2007.

Lickona, Thomas. Mendidik untuk membentuk karakter. Terjemahan Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Paulus Wirutomo dkk. Modul pelatihan fasilitator pembentukan gugus tugas revolusi mental. Jakarta: Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2016.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Poerwadarminta, W.J.S dan Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Umum Bahasa Indonesia edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti

Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 20 tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal.¬

Samani, Muchlas dan Hariyanto. Konsep dan model Pendidikan karakter. Bandung: Rosda, 2013.

Schimmel, Annemarie. Dimensi mistik dalam Islam. Jakarta: Pustaka Firadaus, 2000

Vembriarto el.al. Kamus Pendidikan. Jakarta: Gramedia, 1994.

Article Metrics

Abstract view(s): 646 time(s)
PDF: 1093 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.