KEPEMIMPINAN NON-MUSLIM DALAM TAFSIR AL AZHAR KARYA BUYA HAMKA

Imron Al Faruq, Suharjianto Suharjianto

Abstract

Tafsir diharapkan menjadi solusi atas problem kehidupan manusia sebagaimana al-Quran diturunkan sebagai rahmat semesta alam. Di antara plobem itu adalah tentang kepemimpinan. Di antara tokoh mufasir yang ada di Indonesia dan pernah duduk dalam pemerintahan adalah Buya Hamka, tidak hanya menafsirkan ayat, namun juga mempraktikkan dengan turun dalam pemerintahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penafsiran Buya Hamka terhadap ayat-ayat kepemimpinan, dan pandangan Buya Hamka terhadap pemimpin non-Muslim, serta hubungan politik Muslim dengan non-Muslim. Jenis penelitian ini merupakan penelitian literer yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan berbagai literatur kepustakaan, seperti buku-buku, majalah, dokumen, catatan, foto, naskah dan kisah-kisah sejarah, ensiklopedi, biografi, dan lain-lain, baik dari sumber data primer maupun sekunder. Sumber primer adalah kitab tafsir al-Azhar karya Buya Hamka cetakan tahun 2015 yang diterbitkan oleh Gema Insani. Sumber sekunder yang digunakan adalah hasil-hasil penelitian tentang kitab tafsir al-Azhar karya Buya Hamka, atau yang berkaitan dengan kepemimpinan. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis induktif dan deduktif. Kesimpulan dari penelitian adalah Pertama, kepemimpinan dalam al-Quran mencakup berbagai aspek kehidupan manusia, baik secara individu maupun dalam kesatuan negara berdaulat, agama, dan keluarga yang terkandung dalam beberapa term. Kedua, larangan terhadap memilih pemimpin non-Muslim, dan pembagian pemimpin non-Muslim dalam dua kelompok yang berbeda. Ketiga, menjalin hubungan muamalah berupa politik tidak dilarang, selama tidak menyangkut soal agama (akidah dan ibadah), serta bertujuan untuk kepentingan umat manusia.

Keywords

Ayat-Ayat Kepemimpinan, Buya Hamka, Tafsir al-Azhar

Full Text:

PDF

References

‘Azizah, Ismiyati Nur. 2011. Polisemi Kata Wali dalam al-Quran: Studi Kasus Terjemahan Hamka dan Quraish Shihab. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Al-Ashfahani, Ar-Raghib. 2017. al-Mufradat Fi Gharibi al-Quran (Kamus al-Quran Lengkap Makna Kosakata Asing (Gharib)dalam al-Quran), terj, Ahmad Zaini Dahlan. Depok: Pustaka Khazanah Fawa’id.

al-Baqi, Fuad ‘Abd. 1981. al-Mu’jam al-Mufahras lil al-Fadhi al-Quran al-Karim Kairo: Darut Hadits.

an-Nawawi, Abu Zakariya Yahya bin Syaraf. 2017. Riyadush Shalihin, terj. M. Zaini, M. Yazid. Solo: Arafah, cetakan II.

Baidan, Nashruddin dan Erwati Aziz. 2016. Metodologi Khusus Penelitian Tafsir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gusmian, Islah. 2015. Tafsir al-Quran di Indonesia: Sejarah dan Dinamika. IAIN Surakarta: Nun, Vol. 1, No. 1,, hlm. 28-29

Hadi, Strisno. 1994. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Hakim, Ahmad dan M. Thalhah. 2005. Politik Bermoral Agama Tafsir Politik Hamka. Yogyakarta: UII Press.

Hamka, 2015. Keadilan Sosial dalam Islam. Jakarta: Gema Insani.

______, 2017. Terusir, cet-4. Depok: Gema Insani.

______. 2015. Tafsir al-Azhar. Jilid 1. Jakarta: Gema Insani.

______. 2015. Tafsir al-Azhar. Jilid 2. Jakarta: Gema Insani.

______. 2015. Tafsir al-Azhar. Jilid 3. Jakarta: Gema Insani.

______. 2015. Tafsir al-Azhar. Jilid 5. Jakarta: Gema Insani.

______. 2015. Tafsir al-Azhar. Jilid 6. Jakarta: Gema Insani.

______. 2016. Lembaga Hidup, cet-II, Jakarta: Republika.

Hamka, Irfan. Ayah, cet-3. Jakarta: Republika.

Majelis Tarjih dan Pengembangan Pemikiran Islam, 2000. Tafsir Tematik Al-Quran Tentang Hubungan Sosial Antar Umat Beragama, Yogyakarta: Pustaka SM.

Mustaqim, Abdul. 2015. Metode Penelitian Al-Quran dan Tafsir. Yogyakarta: Idea Press Yogyakarta.

Nashir, Haidar dkk. 2018. Prespektif Manhaj Muhammadiyah Aktualisasi Islam berkemajuan dalam Kehidupan Kontemporer, Jakarta : Al Wasat dan MPK PP Muhammadiyah.

Rush, James R. 2017. Adicerita Hamka: Visi Islam Sang Penulis Besar untuk Indonesia Modern, terj. Zia Anshor. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Saeed, Abdullah. 2017. Paradigma, Prinsip, dan Metode Penafsiran kontekstualis atas al-Quran, terj. Lien Iffah Nat’atu Fina, dan Ari Henri. Yogjakarta: Ladang Kata.

Shihab, M. Quraish. 1996. Wawasan Al-Quran, Bandung: Mizan.

Shihab, M. Quraish. 2007. Tafsir al-Mishbah, vol. 11. Jakarta: Lentera Hati.

Shobahussurur. 2009. Relasi Islam dan Kekuasaan dalam Perspektif Hamka, Jurnal Asy-Syir’ah, vol. 43 No. 1, hlm. 243.

Article Metrics

Abstract view(s): 122 time(s)
PDF: 244 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.