ETIKA DALAM DISKURSUS PEMIKIRAN ISLAM Dari Wacana Menuju Islamologi Terapan

Mibtadin Mibtadin

Abstract

Sistem teologi Islam, sebagaimana dalam al-Qur'an memandang bahwa segenap perbuatan manusia, baik dalam urusan pribadi maupun urusan kolektif, merupakan titah Allah, yang didalamnya memuat berbagai nilai, norma, dan besaran tema-tema moral-etik lainnya. Berbagai konsep dan pesan moral-etik dalam teologi Islam yang ada, diarahkan pada nilai-nilai substansial tentang ajaran dan norma-norma hidup, yang mana nilai-nilai tersebut mengedepankan visi kemanusiaan yang universal. Etika terapan menjadi salah satu alternatif yang dapat diterapkan dalam masyarakat agar mereka mampu dan tahu bagaimana seharusnya bersikap, bertindak, dan mengambil kebijakan yang menyangkut kepentingan umat untuk kehidupan bersama. Bangunan teologi Islam dalam hal ini menempatkan etika sebagai media untuk mengarahkan manusia agar berakhlak baik, bertindak-tanduk baik, terpuji, dan ramah baik terhadap manusia, lingkungan alam, dan terhadap Tuhan sang pencipta.

Keywords

Etika, Teologi Islam, Islamologi Terapan

Full Text:

PDF

References

Abdullah, M. Amin. 1995. Falsafah Kalam di Era Postmodernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

---------------------------. 2002. Antara Al-Ghazali dan Kant: Filsafat Etika Islam, terj. Hamzah. Bandung: Mizan.

al-Syafi'iy, Ibn Subky. tt. Jam' al-Jawami. Beirut: Dar al-Fikr, tt., Juz. I.

Angeles, Peter A. 1931. Dictionary of Philosophy. New York: Barnes & Noble Book.

Asy'ari, Musa. 1996. Manusia Pembentuk Peradaban Dalam al-Qur'an. Yogyakarta: Lembaga Studi Filsafat Islam.

Barry, Vincent. tt., Appliying Ethics: A Text With Reading. California: Wadsworth Publishing Co.,.

Deway, John. 1960. Reconstructions in Philosophy. Boston: the Beacon Press.

Dryer, D.P..1971. Kant's Solutuions for Verifikations in Metaphysics. London: Routledge & Keagen Paul Ltd.,.

Fakhry, Madjid. 1991. Ethical Theories in Islam. Leiden: EJ Brill.

Huda, Miftahul. 2009. Al-Qur'an Dalam Perspektif Etika dan Hukum. Yogyakarta: Teras.

Iqbal, Muhammad. 1961. Reconstruction of the Religious Thoughts in Islam. New Delhi: Kitab Bavan.

Izutsu, Toshihiko. 1993. Konsep-Konsep Etika Religius Dalam al-Qur'an, terj. Agus Fahri, dkk., Yogyakarta: Tiara Wacana.

K. Bertens, 1993. Etika. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Madjid, Nurcholish. 1994. Islam, Doktrin dan Peradaban. Sebuah Telaah Kritis Tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan, dan Kemodernan. Jakarta: Paramadina.

Magnis-Suseno, Franz. 1991. Berfilsfat Dari Konteks. Jakarta: PT. Gramedia Utama.

---------------------------. 1997. Etika Dasar: Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta: Kanisius.

Nawawi, Rif'at Syauqi. 2000. Konsep Manusia Menurut al-Qur'an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahman, Fazlur. 1979. Islam. Chicago: University of Chicago Press.

Ridlwan, Zainab. 1982. Al-Nazhariyyat al-Ijtima'iyyah fi Fikr al-Islami. Kairo: Dar al-Ma'arif.

Runes, Dagobert D. 1971. Dictionary of Philosophy. New Jersey: Littlefield & Adam Co.,.

Sharif, M.M.., 1963. A History of Muslim Philosophy. Weisbaden: Otto Harrassoeitz.

Shihab, M. Quraish. 1996. Wawasan al-Qur'an. Tafsir Maudhu'i Atas Perbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.

Siroj, Said Aqil. 2006. Tasawuf Sebagai Kritik Sosial. Mengedepankan Islam Sebagai Inpirasi, Bukan Aspirasi. Bandung: Mizan.

Soedjatmoko, 1988. Etika Pembebasan. Jakarta: LP3ES.

Wood, Allen W..1970. Kant's Moral Religion. Ithaca: Cornell University Press.

Yusuf, Moh. Asror (ed.), 2006. Agama Sebagai Kritik Sosial di Tengah Arus Kapitalisme Global. Yogyakarta: IRCiSoD.

Article Metrics

Abstract view(s): 82 time(s)
PDF: 113 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.