STRATEGI COPING REMAJA PENGHAFAL AL-QUR’AN BERASRAMA DALAM MENGHADAPI KEJENUHAN

Khonsa’ Izzatul Jannah(1*), Permata Ashfi Raihana(2), Mohamad Ali(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Remaja penghafal Al Qur’an Berasrama adalah siswa yang tinggal dan menetap di asrama untuk menghafalkan Al-Qur’an dan melakukan kegiatan sekolah sekaligus. Siswi biasanya melakukan kegiatan yang padat dari pagi hari hingga malam hari. Siswi juga dituntut untuk dapat menghafalkan alquran sesuai dengan target, mengikuti kegiatan pelajaran disekolah, aktif dalam organisasi serta ekstrakulikuler, dan aktif dalam kegiatan asrama. Kegiatan yang padat membuat timbulnya permasalahan dan tekanan bagi siswi tersebut, yaitu mengalami kejenuhan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi coping pada remaja penghafal Al-Quran berasrama dalam menghadapi kejenuhan. Informan berjumlah 9 orang yang terdiri dari 5 orang informan utama yang diperoleh melalui screening dengan menggunakan angket kejenuhan dan 4 orang informan pendukung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang datanya dikumpulkan dengan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelima subjek mengalami kejenuhan karena kegiatan pembelajaran yang padat, yang meliputi padatnya kegiatan organisasi, sekolah, dan asrama, peraturan yang mengikat, susah berkomunikasi dengan dunia luar, dan konflik dengan teman. Sehingga kejenuhan tersebut menyebabkan beberapa permasalahan kepada siswi. strategi coping yang digunakan yaitu problem focused coping diantaranya: active coping, confrontative, planful problem solving, dan seeking social supports. Kemudian subjek juga mengimbangi dengan menggunakan emotional focused coping diantaranya: self control, positive reappraisal, dan escape & avoidance. Faktor yang paling berperan dalam pemilihan strategi coping adalah religiusitas dan dukungan sosial yang datang dari keluarga, ustadzah/ustadz, dan teman-teman.

Keywords

Strategi coping, remaja, penghafal alquran, kejenuhan

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, Idi dan Safarina. 2015. Etika Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Adebisi, J. F (2013). Time management practices and its effect on business performance. Canadian Social Science, 9 (1). Canadian Research & Development Center of Sciences and Culture, Montreal, Canada.

Agus.(2014,juli.Daftar nama-nama pesantren tahfidz se-pulau jawa, madura,dan luar pulau jawa. Di unduh dari: http://www.pustakahafidz.com/daftar-nama-nama-pesantren-tahfidz-se-pulau-jawa-madura-dan-luar-jawa/.

Ahmad, M. M., & Al Nazly, E. K. (2014). Hemodialysis: Stressors and coping strategies. Psychology, Health & Medicine, 20(4), 477–487.

Aida Rismana, E. N. (2016). Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa-Siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Kecamatan Banjarmasin Barat. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 3,

Ambarwati, N. A. (2017). Kejenuhan Belajar dan Cara Mengatasinya ( Studi Komparasi Pembelajaran Agama Islam pada Pondok Pesantren An-Nur, Al-Hikmah dan Al-Hadid di Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunung Kidul).

Arisandy, Ayu. (2013). Pengaruh Pengalaman Tinggal di Pesantren, Jenis Kelamin, dan Latar Belakang Fakultas terhadap Strategi Coping Mahasiswa Baru Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Indonesia Malang.(Skripsi). Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Astuti, Yuli. (2016). Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Strategi Coping Terfokus Masalah pada Siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta. E-Journal Bimbingan dan Konseling. 5(1).1-14.

Ayuningtyas, T, W. (2017). Strategi Coping Pada Mahasantri Kelas Tahfidz Pesma KH Mas Mansyur (Skripsi tidak dipublikasikan).Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2006). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Carver, C. S., Scheier, M. F., & Weintraub, J. K. (1989). Assessing Coping Strategies : A Theoretically Based Approach. Journal of Personality and Social Psychology, 56 (2), 267-283.

Charmaine Jensen, C. F. (March, 2016). Auatralia University Students Coping Strategies and Use of Pharcemaceutical Stimulants as Cognitive Enhances . Original Research, 1.

Hakim, Thursan. 2004. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Indirawati, E. (2006. Hubungan antara Kematangan Beragama dengan Kecenderungan Strategi Coping. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, III(2), 69-92.

Khabib, S. (2008). Problematika Menghafal Al-qur'an Dan Solusinya Bagi Santri Pondok Pesantren Al Hikmah Pedurungan Lor Semarang. Semarang: Skripsi IAIN Walisongo.

Marza, S. E. (2017). Regulasi Diri Remaja Penghafal di Pondok Pesantren al Qur'an Jami'atul Qurro' Sumatera Selatan. Vol 06.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence : Perkembangan Remaja. Jakarta : Erlangga.

Santrock (2003) John W. Adolescence. Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Sarafino, E. P. (1994). Health Psychology. Biopsychology Interactions. New York: John Wiley & Sons,Inc.

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Taylor, S. E. (2012). Health Psycholpgy. New York: McGraw-Hill.

Vitasari, Ita. (2016). Kejenuhan (burnout) Belajar Ditinjau dari Tingkat Kesepian dan Kontrol Diri Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta. (Skripsi). Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 1038 time(s)
PDF: 1821 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.