ANALISIS KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA BERORIENTASI PISA DALAM KONTEN PERUBAHAN DAN HUBUNGAN PADA SISWA SMP

Sutama Sutama(1*), sofia sofia(2), Meggy Novitasari(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penyelesaian masalah soal PISA pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Teras berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan membandingkan data hasil tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan reduksi, penyajian hingga penarikan kesimpulan disesuaikan dengan langkah-langkah Polya. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan siswa berkemampuan tinggi dapat memenuhi semua indikator dalam penyelesaian soal secara maksimal, siswa berkemampuan sedang dan rendah tidak konsisten dalam melakukan tahapan penyelesaian soal sehingga kurang maksimal.

Keywords

penyelesaian soal, polya, matematika, PISA

Full Text:

PDF

References

Aini, R.N.,&Siswono. (2014). Analisis Pemahaman Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar pada PISA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Anggraeni, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP pada Materi Lingkaran Berbentuk Soal Kontekstual Ditinjau dari Gender. Nurmeracy, 5(1).

Dewi, Sri, Rayandra Asyar, dan Kamid. (2013). Analisis Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Tipe Visual Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) di Kelas VIII SMP N 2 Kota Jambi. Tekno-Pedagogi, 3(2): 42-51.

Maharani, R.& Kurniasari, I. (2016). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Mojo dalam Menyelesaikan Soal Model PISA Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(5).

Putri, Riandani Sarwindah, Susanto, Dian Kurniati. 2015. “Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis Polya Subpokok Bahasan Garis dan Sudut Kelas VII-C di SMP Negeri 1 Genteng Banyuwangi”. Artikel Ilmiah Mahasiswa 2 (1).

Stoet, G.&Geary, D.C. (2013). Sex different in mathematics and readingachievement are inversely related: within-and- across-nation assessment of 10 year of PISA data. PLOS ONE, 8(3).

Sutama, 2016.Darurat Pembelajaran Matematika: Guru Matematika Profesional Untuk Menyiapkan Generasi Emas. Artikel Seminar Nasional Pendidikan Matematika FKIP UMS, 15 Mei 2016.

Sutama. 2015. Budaya kerja guru intelektual transformatif: Perubahan refleksi dan aksi guru matematika dalam mengahadapi PPG, artikel Seminar Nasional Pend. Matematika: Pemberdayaan Guru Intelektuan Transformatif Menghadapi PPG Surakarta, 10 Mei 2015.

Sutama. 2012. ”Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D). Surakarta: Fairuz Media.

Sutama. 2011. “Pengelolaan Pembelajaran Matematika Berbasis Aptitude Treatment Interaction”. Pidato Pengukuhan Guru Besar. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Sutama, Narimo, S., dan Haryoto. 2013. “Contextual Math Learning Based on Lesson Study Can Increase Study Communication” International Journal of Education. Vol. 5, No. 4, 48-60.

Sutama, Narimo, S., dan Haryoto. 2012. "Mathematics Learning Management at Elemantary School Post Merapi Eruption". International Journal of Education. Vol. 4, No. 4, 192-203.

Widodo, Sri Adi. (2013). Analisis Kesalahan dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46 (2): 106-113.

Article Metrics

Abstract view(s): 180 time(s)
PDF: 181 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.