KELAYAKAN MEDIA BUKU BERGAMBAR BERBASIS VISUAL THINKING STRATEGIES DI SEKOLAH DASAR

S. Sutama(1*)

(1) (SCOPUS ID: 57208798189) Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta,
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan media buku bergambar berbasis visual thinking strategies pada pembelajaran tematik di Sekolah Dasar. Secara khusus pada ahtikel ini ditujukan untuk menguji kelayakan media yang dikembangkan pada aspek: 1) materi, 2) media, 3) respon guru, dan 4) respon siswa. Jenis penelitian ini secara umum penelitian dan pengembangan. Jenis penelitian pada artikel ini evaluatif kualitatif. Penelitian dilakukan pada semester genap 2019/2020 di SD Muhammadiyah Al-Kausar Kartasura Sukoharjo Jawa Tengah. Data diperoleh dari penilaian validasi ahli materi, ahli media, respon guru dan siswa. Teknik analisis data dengan metode komparasi konstan deskriptif. Hasil penelitian, penilaian media yang dikembangkan, yaitu 1) ahli materi sebesar 88,75% termasuk dalam kategori sangat layak, 2) penilaian ahli media sebesar 85% termasuk dalam kategori sangat layak, 3) respon guru sebesar 98,75% termasuk dalam kategori sangat layak, dan 4) respon siswa sebesar 85,92% termasuk dalam kategori sangat layak. Berarti dapat disimpukan, media buku bergambar berbasis visual thinking strategies yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran di Sekolah Dasar.

Keywords

bergambar, buku, media, visual

Full Text:

PDF

References

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa

Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal

Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1).

Buchory, S. R. S. W. (2017). The Development of A Learning Media for Visualizing the Pancasila Values Based on Information and Communication Technology. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 36(3), 502–521. https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.12748

Burdina, G. M., Krapotkina, I. E., & Nasyrova, L. G. (2019). Distance learning in elementary school classrooms: An emerging framework for contemporary practice. International Journal of Instruction, 12(1), 1–16. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1211a

Dewi, S. R., & Haryanto, H. (2019). Pengembangan multimedia interaktif penjumlahan pada bilangan bulat untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 9.

Faizah, U. (2009). Keefektifan Cerita Bergambar untuk Pendidikan Nilai dan Ketrampilan Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 19(Hp 087834021000), 709–715. https://doi.org/10.20595/jjbf.19.0_3

Yenawine, P. (2013). Understanding Visual Literacy : The Visual Thinking Startegies Approach.

Katoningsih, S. & Sutama. 2020. Needs analysis of potential for early childhood educators as agents of teacherpreneurship in Karanganyar. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Volume 12, Issue 6, Pages 123-134. https://www.scopus.com/record/display.uri?eid=2-s2.0-85084409492&origin=resultslist

Kusminah. (2012). The birth of the journal of educational research. Journal of Educational Research, 38(5), 321–325. https://doi.org/10.1080/00220671.1945.10881349

Lestari, I., & Khaeriyah, S. L. (2018). Pengaruh media pembelajaran macromedia flash terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 210–219.

Mella Haniffah DP, Mudjiran, & Taufina. (2019). Development of Understanding Reading Teaching Material as an Efforts to Improve Integrated Themat Learning Using the Big Question Strategy in Class V SD. International Journal of Science and Research (IJSR), 8(1), 1567–1570.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).

Mustika, Z. (2015). Urgenitas Media Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Yang Kondusif. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1).

Novitasari, M., Sutama, Narimo, S., Fathoni, A., Rahmawati, L., & Widyasari, C. 2020. Habituation of digital literacy and critical thinking in mathematics in elementary school. International Journal of Scientific and Technology Research. Volume 9, Issue 3, Pages 3395-3399. https://www.scopus.com/record/display.uri?eid=2-s2.0-85082705943&origin=resultslist

Rabiman, R., Nurtanto, M., & Kholifah, N. (2020). Design and development E-learning system by learning management system (Lms) in vocational education. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(1), 1059–1063.

Ratnaningsih, S., & Nastiti, G. (2018). Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Gambar Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 275. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.3397

Retnawati, H., Munadi, S., Arlinwibowo, J., Wulandari, N. F., & Sulistyaningsih, E. (2017). Teachers’ difficulties in implementing thematic teaching and learning in elementary schools. New Educational Review, 48(2), 201–212. https://doi.org/10.15804/tner.2017.48.2.16

Sudarmaji, B., & Khuzaini, N. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash CS3 untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa Kelas VIIIBMTs ASSALAFIYYAH MLANGI. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1).

Sáez-López, J. M., Román-González, M., & Vázquez-Cano, E. (2016). Visual programming languages integrated across the curriculum in elementary school: A two year case study using “scratch” in five schools. Computers and Education, 97, 129–141. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.03.003

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutama, 2019. Metode Penelitian Pendidikan, Kuantitatif, kualitatif, PTK, Mix Method, R&D. Sukoharjo: CV. Jasmine.

Zhanda, E., Molokwane, T., & Motshegwa, B. (2020). Integrating Social Media in Teaching and Learning in Higher Education : A Quest for Collaborative Learning in Botswana. 9(4), 131–138. https://doi.org/10.21275/

Article Metrics

Abstract view(s): 512 time(s)
PDF: 905 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.