Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kabupaten Klaten

Wisnu Nugroho Aji, N Ngumarno

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Kabupaten Klaten. Bentuk implementasi tersebut diuraikan berdasarkan pelaksanaan pembelajaran, kendala dalam pelaksanaan serta tindakan yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan berfokus pada implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Tempat penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Klaten dengan mengambil sampel kelas XII. Sumber data yang digunakan untuk penggalian dan pengumpulan data adalah 1) Peristiwa, kegiatan pengajaran dan pembelajaran dengan menggunakan Kurikulum 2013; 2) Informan, melibatkan guru dan siswa; dan 3) Dokumen, berkas dan arsip terkait pelaksanaan kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan masih banyak kendala dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 pada beberapa aspek, antara lain: keterbatasan waktu pelaksanaan pembelajaran, sarana dan prasarna, dan penilaian/evaluasi

Keywords

Kurikulum 2013; Pengajaran bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References

Bintari, Ni Luh Gede Riwan Putri, I Nyoman Sudiana, Ida Bagus Putrayasa. 2014.

“Pembelajaran Bahasa Indonesia Ber dasarkan Pendekatan Saintifik (Problem Based

Learning) Sesuai Kurikulum 2013 Di Kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura”. E-Journal, Vol

Hlm 6-9.

David A. Walczak.2010. A Program for Introducing Information Literacy to Commercial Art

and Design. StudentsCommunications in Information Literacy. Volume3(2) Hal 193-203

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun

tentang Guru dan Dosen . Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Iswardah. 2007. “Penerapan Penilaian Otentik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (Studi

Kasus di MTsN Malang 1”. Skripsi S1. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. “Pengembangan Kurikulum 2013”

disampaikan dalam sosialisasi Kurikulum 2013 di Jember pada 25 Agustus 2013.

Kurinasih, Imas dan Berlin Sani (B). 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013:

Memahami Berbagai Aspek Dalam Kurikulum 2013 . Surabaya: Kata Pena.

Maryam, Siti. 2013. “Penerapan Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di

SMP se-Kecamatan Wates”. Skripsi S1. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Nafisah, Yuni. 2014. “Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan

Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Wates”. Skripsi S1.

Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Necdet AYKAÇ .2007. Evaluation of Activities in Primary Education Programme with The

Teachers’ Views (Sample of Sinop Province).Journal of Kirsehir Education Faculty.vol

(2) Hal 19-35

Oliva, Peter F. 1982.Developing the Curriculum. Boston Toronto: Little Brown and Company

Sagala, S. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan

Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.