Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Learning Cycle 7E (LC 7E) pada Pembelajaran Biologi Kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Bringin Tahun Pelajaran 2016/2017

Mita Mirjanah, Susanti Pudji Hastuti, Desy Fajar Priyayi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa melalui model pembelajaran Learning cycle 7E dalam materi komponen ekosistem. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Bringin dengan menggunakan siswa kelas X IPA 4sebagai subyek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan instrumen pengumpulan datanya berupa angket, lembar observasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I siswa yang memiliki aktivitas belajar kategori baik sebesar 62,5%. Pada siklus II aktivitas belajar kategori baik meningkat menjadi 93,75% dan aktivtias belajar kategori sangat baik sebesar 6,25%. Berdasarkan hasil belajar kognitif siswa, persentase siswa yang memenuhi KKM 70 pada siklus I sebesar 43,75% meningkat menjadi 100%. Berdasarkan hasil analisis gain score, pada siklus I siswa yang termasuk dalam kategori tinggi sebesar 43,75%, kategori sedang sebesar 21,88% dan kategori rendah sebesar 34,38%. Pada siklus II siswa yang termasuk kategori tinggi sebesar 81,25%, kategori sedang sebesar 12,50% dan kategori rendah sebesar 6,25%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model LC 7E mampu membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Melalui aktivitas belajar yang dilakukan siswa lebih mudah untuk memahami dan mengingat konsep materi sehingga hasil belajar kognitif siswa meningkat.

Keywords

ktivitas belajar; gainscore; hasil belajar; LC 7E

Full Text:

PDF

References

Afandi, R. R., Sundari., Hamid. (2016). Penerapan Model Siklus Belajar (LEARNING CYCLE) 7E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Di SD. Antologi UPI Edisi No. Juni 2016

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP: Jakarta.

Dewi, Ni Putu. (2012). Pengaruh Model Siklus Belajar 7E Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Siswa SMA Negeri 1 Sawan. Artikel Tesis Program Studi Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Juli 2012

Dispriyani, Novita., Ramli., Nurmiyati., Sumarjiyana. (2015). Meningkatkan scientific writing

skill siswa pada pembelajaran biologi kelas X mia 7 sma n 4 surakarta menggunakan guided inquiry learning dipadu reading assigment. BIOEDUKASI: Volume 8 No 2

Eisenkraft, A. (2003). Expanding the 5 E Model A purposed 7 E model emphasizes “transfer of learning” and the importance of eliciting prior understanding.Published by the National Science Teachers Association, 1840 Wilson Blvd., Arlington, VA 22201-3000.

Fathurrohman., Sutikno. (2009). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.

Hake, RR. (1999). “Analyzing Change/Gain Scores”. AERA-D-Amercan Educational Research Association’s Division, Measurment and Research Methodology.

Hamalik, O. (2009). Kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta: x + 184 hlm.

Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bumi aksara. Jakarta: ix + 242 hlm.

Kursiyati, U. (2011). Hubungan antara perhatian orangtua, sikap, dan aktivitas belajar dengan prestasi belajar matematika kelas VIII sekolah menengah pertama negeri 1 gadingrejo kabupaten pringsewu. Tesis Program Pasca Sarjana Teknologi Pendidikan UNILA.

Mayliana,E., Sofyan. (2013). Penerapan Accelerated Learning Dengan Pendekatan Savi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kompetensi Menggambar Busana. Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.Jurnal Pendidikan Vokasi: Vol 3, Nomor 1, Februari 2013.

Meier, Dave. (2004). The Accelerated Learning Handbook. (Terjemahan Rahmani Astuti). New York: McGraw-Hill. (Buku asli diterbitkan tahun 2000)

Mukaromah., Bintari., Mubarok. (2012). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Protista Akibat Penerapan Model Learning Cycle. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe. Diakses Pada Tanggal 24 November 2016.

Mustari,M., Irianto., Susilowati. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Energi Panas dan Energi Bunyi melalui Model Learning Cyle (LC) 7E.Antologi UPI Edisi No. Juni 2016

Nurhadi, (2004). Kurikulum 2004 Pertanyaan dan Jawaban. Penerbit PT. Grasindo, Jakarta. Diakses pada tanggal 24 November 2016.

Rachman, A. (2013). Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI TITL 2 SMK N 2 Pengasih. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Matematika UNY.

Sanjaya. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumiyati.,Sujana., Djuanda. (2016). Penerapan Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Proses Daur Air.Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 (2016).

Sutrisno., Dwiastuti., Karyanto. (2012). Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS. Diakses Pada Tanggal 24 November 2016.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.