Menumbuhkembangkan Budaya Organisasi di SMPIT Nur Hidayah Surakarta

Moh. Pandoyo, Eko Supriyanto, Djalal Fuadi

Abstract

Penelitian ini mengkaji peranan kepala sekolah dalam menumbuhkembangkan budaya organisasi, dengan studi kasus di SMPIT Nur Hidayah Surakarta. Permasalahan yang diteliti difokuskan pada bagaimana peran kepala sekolah dalam mensosialisasikan, memelihara dan mengembangkan budaya organisasi bagi guru dan karyawan di SMPIT Nur Hidayah. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam menumbuhkembangkan budaya organiasi bagi guru dan karyawan di SMPIT Nur Hidayah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilakukan di SMPIT Nur Hidayah Surakarta. Subyek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan karyawan. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan analisis dokumen. Keabsahan data dalam penelitian dengan triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan interractive analysis model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data serta kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Sosialisasi budaya organisasi bagi guru dan karyawan diarahkan kepada upaya memperluas informasi dan pemahaman guru dan karyawan tentang budaya organisasi (2) Pemeliharaan budaya organisasibagi guru dan karyawan dilakukan untuk melestarikan budaya organisasi yang telah
ada tertanam semakin kokoh dalam diri guru dan karyawan dalam proses perjalanan organisasi sehingga memberikan ciri khusus organisasi (3) Pengembangan budaya organisasi dilakukan melalui peningkatan kualitas dan kuantitas pelaksaan budaya semangat, kebersamaan, keilmuan dan nilai perilaku hidup muslim amar ma’ruf nahi munkar menuju akhlaqul karimah.

Keywords

budaya organisasi; sosialisasi; pemeliharaan; pengembangan

Full Text:

PDF

References

Amir, Y.H. 2011. Kepemimpinan Pendidikan di Sekolah Swasta Berciri Khas Islam. Disertasi, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Arifin, F, dkk. 2014. Organizational Culture, Transformational Leadership, Work Engagement and Teacher’s Performance : Test of a Model. International Journal of Education and Research, Vol. 2 No. 1 ISSN: 2201-6333 (Print) ISSN: 2201-6740 (Online) www.ijern.com

Ate, P.M 2014. Budaya Organisasi Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. http://journal.um.ac.id/index.php/jph, Volume 2 Nomor 4 ISSN: 2338-8110

Balkar, B. 2015. Defining an empowering school culture (ESC): Teacher perceptions. Issues in Educational Research, Vol (25) No 3:205

Hoy, W.K & Miskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan : Teori, Riset, dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Jurman. 2014. Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SMA Negeri 1 Simuelue Timur. Jurnal Ilmiah Didaktika, Vol. XIV No. 2:275-290

Koentjaraningrat. 2003. Pengantar Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta

Komariyah, C.T. 2006. Visionary Leadership, Menuju sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Kotter, J.P dan Hesket, J.L. 1990. Corporate Culture and Performance. New York: The Free Press.

Mala, A.R. 2015. Membangun Budaya Islami di Sekolah. Jurnal Irfani ISSN 1907-0969 E ISSN 2442-8272, Volume 11 Nomor 1: 1- 13

Miles, B.M & Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Moleong. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasir, M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ndraha, T. 2003. Budaya Organisasi. Jakarta: Rineke Cipta.

Patilima, H. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Profil Satuan Pendidikan/ Lembaga SMPIT Nur Hidayah. http://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=20328138 diakses tanggal 29 November 2016

Rohidi, T.R. 1994. Pendekatan Sistem Sosial dalam Pendidikan. Semarang: FKIP Press.

Sagala, S. 2013. Memahami Organisasi Pendidikan: Budaya dan Reinventing Organisasi Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Schein, E.H. 1995. Organizational Cultures and Leadership. San Fransisco: Jossey Bass

Sergiovani, T.J. 1986. The Principalshi, a Reflective, Practice, Perspective. Boston: Alyyn Bacon Inc.

Siagian, S.P 1995. Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Bina Aksara.

SMPIT Nur Hidayah Surakarta (20328138) http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/40BA9D5A-2DF5-E011-B96A-03D2E2FD2161 diakses tanggal 29 November 2016

Suranto. 2005. Budaya Organisasi Sekolah dalam Mencapai Prestasi : Studi Kasus SMP Negeri 1 Sukoharjo Perspektif Naturalistik. Tesis tidak dipublikasikan, UMS, Surakarta

Syafaruddin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. Jakarta: Grasindo

Tahalele. 2006. Bagaimana Memipin Sekolah yang Efektif. Bogor: Ghalia Indonesia

Wahjosumidjo. 2001. Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia

Wirawan. 2007. Budaya dan Iklim Organisasi:Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta:Salemba Empat

Zubaidah, S & Ayuningtyas, A.E 2015. Budaya Organisasi untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta ISBN: 978-602-8580-19-9 http://snpe.fkip.uns.ac.id Sabtu, 07 November 2015

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.