Efektivitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Berbasis Konstruktivisme di Sekolah Menengah Pertama

Uffun Ainullia Manan(1*), Sabar Narimo(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan perangkat pembelajaran RPP Matematika (2) Mendiskripsikan pengembangan perangkat pembelajaran RPP Matematika berbasis Konstruktivisme, dan (3) Menguji efektivitas pengembangan perangkat pembelajaran RPP Matematika berbasis Konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Teknik triangulasi digunakan untuk mengumpulkan data dengan metode observasi partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data terdiri dari dua komponen yaitu reduksi data dan penyajian data. Hasil dan pembahasan dari penelitan adalah (1) perangkat pembelajaran RPP Matematika yang telah diterapkan masih menggunakan RPP Matematika sekolah pada umumnya, pada kegiatan inti siswa belum maksimal membangun sendiri pengetahuannya untuk penemuan konsep baru, (2) pengembangan perangkat pembelajaran RPP Matematika berbasis konstruktivisme dengan desain pembelajaran meliputi 5 tahap yaitu: Orientasi, Eliciasi, Restrukturisasi Ide, Penggunaan Ide, dan Review yang diimplementasikan pada kegiatan inti, dan (3) nilai tes pemahaman konsep menggunakan RPP berbasis Konstruktivisme, nilai rata-rata kelasnya adalah 79,02 dari 70,00. Siswa yang mendapat nilai ≥ 75 ada 18 siswa atau 78,26 %. (KKM Matematika = 75).

Keywords

konstruktivisme; matematika; pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Standar Isi, Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah.

Fitriyani, A. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivisme Menggunakan Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Cahaya. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Hamzah. 2008. Teori Belajar Konstruktivisme.http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/08/20/teori-belajar-konstruktivisme/ (diunduh 4 Maret 2016, jam 15.16

Mulyasa, E. 2012. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Peraturan Menteri Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang StandarProses Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Raval, K.D. 2013. Lesson Plan: Blueprint of Teaching. International Journal for Research in Education. Vol. 2. Issue: 2

Robertson, W.H., Meyer, R.D.,& Wilkerson,T.L. 2012. The Mathematics of Skateboarding: A Relevant Application of the 5Es of Constructivism. Journal of Education and Learning;Vol. 1, No. 2; 2012. Published by canadian center of Science and Education.

Samsulhadi, 2010. Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. http://smpn1gumukmas01.blogspot.co.id/2010/07/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html(diunduh 5 Maret 2016 jam 12.21).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumardyono. 2004. Karakteristik Matematika Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Pengembangan Penataran Guru Matematika

Suparno, P. 1998. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Jakarta : Kanisius.

Supinah. 2008. Penyusunan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) Matematika SD dalam Rangka Pengembangan KTSP. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Sutama, 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Surakarta: Fairuz Media.

Syukur, A. 2006. Mengembangkan Kemampuan Kritis melalui Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open Ended. Tesis. Bandung: PPS UPI.

Wardoyo, S.M. 2013. Pembelajaran Konstruktivisme. Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, S.E.P. 2014. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Article Metrics

Abstract view(s): 912 time(s)
PDF: 1805 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.