Faktor Stratejik Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Menegah Pertama

S. Sutama, Nugraheni Nur Janah, Meggy Novitasari

DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5633

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji kontribusi penampilan guru dalam pembelajaran, motivasi, dan fasilitas terhadap hasil belajar matematika dengan mediasi kedisiplinan belajar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional kausal. Populasi penelitian sejumlah 190 siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Salatiga tahun 2016/2017. Sampel penelitian sejumlah 128 siswa ditentukan dengan rumus Slovin (α = 0,05). Teknik sampling, proporsional random sampling dirtentukan dengan undian. Data dikumpulkan dengan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan ada kontribusi penampilan guru dalam pembelajaran, motivasi, dan fasilitas terhadap hasil belajar matematika dengan mediasi kedisiplinan belajar (10%, sig. = 0,011). Penampilan guru dalam pembelajaran berkontribusi secara langsung terhadap hasil belajar matematika (0,54%, sig. = 0,412). Motivasi belajar berkontribusi secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika melalui kedisiplinan belajar (22,1%, sig. = 0,000). Fasilitas belajar berkontribusi secara langsung terhadap hasil belajar matematika (0,0009%, sig. = 0.997). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama menjadi baik karena dukungan dari penampilan guru dalam pembelajaran, motivasi, dan fasilitas dengan mediasi kedisiplinan belajar.

Keywords

fasilitas; hasil belajar; kedisiplinan belajar; motivasi, penampilan guru

Full Text:

PDF

References

Astuti, Wiwin Wiji. (2012). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Kelas VIII SMP PGRI 16 Brangsong Kabupaten Kendal. Economic Education Analysis Journal, 1(2), 1-6.

Cahyadi, Rahman. (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar Siswa Dan Penampilan Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal e-DUMath, 2(2), 233-245.

Daud, Firdaus. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 19(2), 243-255.

Haryono, Sugeng. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Faktor Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(3), 261-274.

Muhammad Sobri, Moerdiyanto (2014). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Madrasah Aliyah Di Kecamatan Praya. Jurnal Harmoni Sosial, 1(1), 43-56.

Muyiwa, Adeyemi., & Quadri, A. (2012). Influence of Universal Basic Education (UBE) Facilities on School Learning Environment in Lagos State, Nigeria. Jurnal of Education and Practice, 3(2), 30-39.

Prasojo, Retmono Jazib. (2014). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi FKIP Veteran Semarang, 2(1), 1-11.

Prianto, Heri. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Siswa Kelas II-A MI Al Hikmah Geger Madiun Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 91-104.

Riana, Rini (2013). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Kenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Negeri 1 Pucakwangi Pati Tahun Ajaran 2012/2-13. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1-10.

Sawiji, Heri., Ridaul, I., & Trisno, M. (2013). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Nasional Insan Mandiri, 1(1), 1-13.

Satriawan, R. (2017). Keefektifan Model Search, Solve, Create, and Share Ditinjau dari Prestasi, Penalaran Matematis, dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 87-99.

Suhendri, Huri. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 1(1), 29-39.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.