Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa

Rona Taula Sari, Siska Angreni

DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas mahasiswa
melalui pembelajaran Project Based Learning. Penelitian dilakukan dengan desain
One-Shot Case Study dengan subjek penelitian 45 mahasiswa program pendidikan
guru sekolah dasar FKIP Universitas Bung Hatta. Data penelitian diperoleh dari
analisis lembar observasi produk dengan skala berpikir kreatif (Creative Thinking
Scale / CTS). Analisis data dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan kreativitas mahasiswa dalam menghasilkan produk
kerajinan olahan limbah organic dan anorganik sangat tinggi dengan nilai 92. Dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan
kreativitas mahasiswa.

Keywords

Model PjBL(PjBL); kreativitas; pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References

Rahayu. (2011). Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk

Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan

Fisika Indonesia 7 (2011) : 106-110.

Rusman. (2012). Seri Manajemen Sekolah Bermutu, Model-Model Pembelajaran:

Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Saefudin. A. A. (2012). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran

Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). AlBidāyah,

Vol

No. 1, Juni 2012: 37-48.

Sari, R.T. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter

dalam Pembelajaran IPA SMK. Tesis. Universitas Negeri Padang.

Sari, R. T. (2016). Analisis Perencanaan Pembelajaran IPA pada Materi Ekosistem Kelas XII

SMK Negeri 4 Padang. Varia Pendidikan Kajian Penelitian Pendidikan. Vol 28, No 2

Desember 2016. ISSN 0852-0976 :160-168.

Sari, R. T. (2017). Uji Validitas Modul Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Reproduksi

Manusia Melalui Pendekatan Konstruktivisme Untuk Kelas IX SMP. Scientiae Educatia:

Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 22-26.

Sari, R. T., & Jusar, I. R. (2017). Analisis Kebutuhan Modul Pembelajaran IPA Berorientasi

Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Quantum Learning di Sekolah Dasar.

Bioedukasi (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(1), 26-32.

Sari, R. T., & Jusar, I. R. (2018). Analysis of Science Learning Process by Using Learning

Module of Character Education Oriented through Quantum Learning Approach. Jurnal

Penelitian dan Pembelajaran IPA, 4(1), 14-24.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Suarsana. M.I dan G.A. Mahayukti. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan

Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa

. Jurnal

Pendidikan Indonesia. Vol. 2, No. 2, Oktober 2013: 264-275.

Tirtiana. P. C. (2013). Pengaruh kreativitas belajar, penggunaan media

Pembelajaran power point, dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata

pelajaran akuntansi pada siswa kelas x akt smk negeri 2 blora tahun ajaran 2012/2013

(motivasi belajar sebagai variabel intervening). EEAJ 2 (2) (2013) : 15-23

Wusqo. I.U. (2014). Upaya mendorong kemampuan berfikir Kreatif mahasiswa dalam inovasi

konservasi pangan. Indonesian Journal of Conservation. Vol. 3 No. 1 - Juni 2014 [ISSN:

-9195]: 75—82.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.