Pengelolaan Pembelajaran Tematik di SD Negeri 4 Purwodadi Grobogan

S, Sutipah

DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6551

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan : (1) perencanaan pembelajaran tematik, (2) pelaksanaan pembelajaran tematik. (3) Evaluasi pembelajaran tematikdi SD Negeri 4 Purwodadi Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan tahun 2016/2017. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini siswa, guru dan kepala sekolah melalui observasi, wawancara yang mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan resduksi data. Keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber. Hasil penelitian meliputi pengelolaan pembelajaran tematik, pelaksanaan pembelajaran tematik,dan evaluasi pembelajaran tematik. Perencanaan yang dibuat guru meliputi : a) kaldik
(kalender pendidikan), b) Penyusunan PROTA (Program tahunan), c) Penyusunan Promes (Program Semesrter ), d ) Silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) meliputi: a) Pendahuluan, b) Kegiatan Inti, dan c) Kegiatan Penutup. Pelaksanaan Evaluasi: a) telah sesuai dengan prinsip-prinsip normative, b) telah memenuhi secara teknis, c) mengacu pada tandar pengelolaan. Penilaian pengetahuan: teknis tes, bentuk tertulis, instrument Uraian. Hasil tes dari 49 siswa yang tuntas IPA 45 siswa 91,84% rata-rata nilai 83,57, Bahasa Indonesia
tuntas 43 siswa 87,76 % rata-rata nilai 83,90 dan matematika 42 siswa tuntas 85,71 % ratarata nilai 72,04. Indikator penilaian sikap adalah kerjasama. Rata-rata 3,5 dalam kategori A (sangat baik ). Penilaian keterampilan: Teknik non tes, bentuk unjuk kerja, instrument lembar  observvasi dan rubrik penilaian rata-rata 83,25 kategori B (baik )

Keywords

pengelolaan; pembelajaran; tematik

Full Text:

PDF

References

Ahmadi Khoiru,Amri Sofyan,2014. Pengembangandan Model Pembelajaran Tematik Di

Sekolah Dasar. Bandung.Remaja Rosdakarya

Arsyad,A. 2004 . Media pembelajaran : Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Asrohah H, Kadir A.2015.Pembelajaran tematik.Jakarta: Rajawali Press.

Arifin, Z. 2006. Dasar-dasar penulisan karya ilmiah. Jakarta: Grasindo.

_____________ .2012.Evaluasi pembelajaran : Prinsip,Teknik,Prosedur :Bandung.PT Remaja

Rosdakarya 105 IS

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka

Cipta.

Anitah, S 2008. Media pembelajaran : Surakarta : UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS (UNS

Press)

Creswell,W J.2015.Penelitian kualitatif & desain riset : Edisi Indonesia: Pustaka Pelajar.

Djamal,M.2015. Paradigma penelitian kualitatif : Edisi Revisi.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

_____________ .2017. Paradigma penelitian kualitatif : Yogyakarta :Penerbit Mitra Pustaka

Depdiknas. 2007. Materi sosialisasi dan pelatihan kurikulum satuan pendidikan (KTSP).

Jakarta

Daryanto.2014.Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta.Gava Media.

Hesty.(2008). “Implementasi model pembelajaran tematik untuk meningkatkankemampuan

dasar siswa sekolah dasar.”Abstrak Hasil Penelitian LPMP Kepulauan Bangka Belitung.

Pangkalpinang: LPMP Pangkalpinang.

Haris A,Jihad A. 2013 .Evaluasi pembelajaran : Yogyakarta : Multi Pressindo.

Irene MJA,dkk. 2016. Buku Penilaian Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita dan Tema 9 Benda-

Benda di Sekitar Kita Jilid 5D untuk SD/MI Kelas 5. Jakarta.Penerbit Erlangga

Kadir Abdul,Asrohah Hannun.2015.PembelajaranTematik.Depok.Rajagrafindo Persada.

Kusaeri.2014.Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil BelajarDalam Kurikulum 2013.

Jakarta.Ar-Ruzz Media

Kunandar. 2007. Guru profesional: implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)

da Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Majid A. 2007. Perencanaan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

_____________.2014.Pembelajaran tematik terpadu.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

_______________.2016 Metodologo Penelitian Kualitatif.Bandung.Remaja Rosdakarya.

Majid dan Rochman.2015. PendekatanIlmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013.Bandung.

Remaja Rosdakarya.

Nasution. 2005. Asas-asas kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Prastowo A.2016.Pengembangan Bahan ajar tematik : Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta

: Kencana

______________.2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis Dan Praktik.

Jakarta.FajarIntr Pratama Mandiri.

_____________.2013. Pengembangan bahan Ajar Tematik : Yogyakarta.Penerbit DIVA Press

Purwanto, M. Ngalim. 1995. Ilmu pendidikan: teori dan praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sarwono, J.2006.Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif :Yogyakarta

Penerbit Graha Ilmu.

Sanjaya, Wina. 2008.Strategi pembelajaran.Jakarta: Kencana Prenada Media.

Suprihatiningrum,J.2016. Strategi pembelajaran : Teori & Aplikasi :Yogyakarta :AR-RUZZ MEDIA.

Sarwiji Suwandi. (2010). Model assesment dalam pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Savage, Tom V. & Armstrong, David G. (1996).Effective teaching in elementary social studies.

New Jersey: A Simon & Schuster Company.

Semiawan. 1992.Pendekatan ketrampilan proses. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Settlage, John & Southerland, Sherry A. (2007).Teaching science teaching science to every

child: using culture as a starting point. New York: Taylor & Francis Group.

Sudjana,Nana, 2004. Penilaian proses hasil belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiono. 2012. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D : Bandung .Penerbit Alfabeta

_____________ .2016 . Metode Penelitian Kualitatif,Kuantitatif Dan R&D.Bandung.Alfabeta.

Sutama.2012Metode Penelitian pendidikan kuantitatif kuanlitatif,PTK,R&D

Surakarta : Fairus Media

Triyono.2013. Metodologi penelitian pendidikan.Yogyakarta : Penerbit Ombak

Refbacks

  • There are currently no refbacks.