IS STUDENTS’ DIFFERENT MASTERY OF ENGLISH SPEAKING SKILLS INFLUENCED BY THEIR LEARNING STRATEGIES?

Mauly Halwat Hikmat(1*), Yanita Candra Dewi(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan strategi pembelajaran yang digunakan oleh tiga siswa SMA N I Colomadu yang memiliki keterampilan berbicara yang berbeda (tinggi, sedang dan rendah). Penelitian ini merupakan studi kasus. Data dalam penelitian ini berupa nilai siswa dan informasi hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan nilai tertinggi (S1)menggunakan limabelas strategi yang terdiri dari tujuh strategi metakognitif, tujuh strategi kognitif dan  satu strategi sosioafektif. Siswa dengan nilai menengah (S2) menggunakan empat belas strategi yang terdiri dari tujuh strategi metakognitif, enam strategi kognitif, dan sat strategi sosioafektif. Sementara itu, siswa dengan nilai terendah (S3) diketahui menggunakan dua belas strategi yaitu lima strategi metakognitif , lima strategi kognitif, dan dua strategi sosio afektif. Dari hasil tes akhir pada than ajaran 2007/2008, terlihat bahwa S1 yang menggunakan paling banyak strategi pembelajaran memperoleh nilai tertinggi. S2 memperoleh nilai sedang sedangkan S3 yang menggunakan paling sedikit strategi, memperoleh nilai terendah dalam tes akhir. Hasil ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berperan  dalam penguasaan keterampilan berbicara bahasa Inggris.

Keywords

Learning Strategy; Meta cognitive strategy; Cognitive strategy; Socio-affective strategy

Full Text:

PDF

References

Cohen, Andrew D. 1998. Strategies in Learning and Using a Second Language. New York: Addison Wesley Longman.

Dewi Hajar Larasati. 2005. Learning Strategies Used by the Students of MAKN MAN, Surakarta to Master Speaking Skill. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Graham, Suzanne. 1997. Effective Language Learning. UK: WBC Book Manufactures.

O’Malley, J Mitchell & Anna U. Chamot. 1990. Learning Strategies in Second Language Acquisition. USA: Cambridge University Press

Scarcella, Robin C. & Rebecca L. Oxford. 1992. The Tapestry of Language Learning. USA: Heinle & Heinle Publishers.

Article Metrics

Abstract view(s): 469 time(s)
PDF: 293 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.