Kemandirian dalam Pembelajaran Matematika di Madrasah Tsanawiyah
S. Sutama(1*), Sri Hartini(2), Meggy Novitasari(3)(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemandirian dalam pembelajaran matematika MTs. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan desain penelitian holistik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah: Perencanaan kemandirian dalam pembelajaran matematika disusun oleh kepala madrasah bersama dewan guru pada waktu rapat pembagian tugas, penyusunan rencana kegiatan dan anggaran tahunan atau RKAT dengan memperhatikan kondisi siswa dan lingkungan sekitarnya. Pelaksanaan kemandirian dalam pembelajaran matematika di MTs dengan mengintegrasikannya
pada struktur dan muatan kurikulum, program kesiswaan. Pengintegrasian kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika terlihat dalam kegiatan membuka dan menutup pelajaran dengan membaca doa dengan artinya yang dipimpin ketua kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Author, A. (2013). Independent learning and student development, 2(2), 27–35.
Budiyanto, M. dan Machali, I. (2014). “Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Pendidikan Agriculture di Pondok Pesantren Islamic Studies Center Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul Yogyakarta”. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun IV, Nomor 2, Juni 2014.
Buku KPK Modul Pendidikan Anti Korupsi SMP-MTs Kelas 8 - Backup Data www.dadangjsn. blogspot.com.pdf. (n.d.).
Cunska, A., & Savicka, I. (2012). Use of ICT teaching-learning methods make school math blossom. Procedia Social and Behavioral Sciences, 69(Iceepsy), 1481–1488. https://doi. org/10.1016/j.sbspro.2012.12.089
Dahar, R.W., (2011). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Bandung:PT Gelora Aksara Pratama
Fatinah, S., Haji, Z., Shahrill, M., & Mundia, L. (2015). Factors Contributing to Effective Mathematics Teaching in Secondary Schools in Brunei Darussalam. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 186, 474–481. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.169
Fitriana, I., Ihsan, H., Annas, S., (2015). “ Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, kemandirian Belajar Dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP”. Journal of EST,Volume 1, Nomor 2: 86-10, September 2015
Halimah, L., (2017). Keterampilan Mengajar. Bandung:PT Rafika Aditama
Hidayah, I. (2015). Model of Independent Working Group of Teacher and Its Effectiveness towards the Elementary School Teacher ’ s Ability in Conducting Mathematics Learning, 214(June), 43–50. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.591
Ismaya, B., (2015). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: PT Rafika Aditama
Kopzhassarova, U., Akbayeva, G., & Eskazinova, Z. (2016). Enhancement of Students ’ Independent Learning Through Their Critical Thinking Skills Development, 11(18).
Kurniasih, I., (2017). Sukses Mengajar: Panduan Lengkap menjadi Guru Kreatif dan Inovatif. Jakarta:Pustaka Diantara
Majid, A., (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Mulyono, D. (2017). The influence of learning model and learning independence on mathematics learning outcomes by controlling students †early ability, 12(7), 689–708.
Nugroho, A.W., (2018), “ Pengelolaan Pendidikan Karakter Kemandirian Belajar Pada Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Tawangsari”. Tesis. Surakarta: Sekolah Pasca Sarjana
Nurhayati, (2016). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
Risnawati, (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika.Yogyakarta:Aswaja Pressindo
Suastika, K. (2017). Mathematics Learning Model of Open Problem Solving to Develop Students ’ Creativity, 12(6), 569–577.
Sumardjoko, B., (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta:Diperbanyak oleh UMS
Sutama, (2012). “Pengelolaan Pembelajaran Matematika Pasca Bencana Erupsi Merapi” , Laporan Penelitian. Surakarta: Sekolah Pasca Sarjana UMS.
Sutama, (2012a). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R &D. Kartasura:Fairuz Media
Sutama, (2017b). Pedoman Penulisan Tesis. Surakarta:Diperbanyak oleh UMS
Suwanto, D. (2012). “ Pengaruh Kemandirian Siswa, Motivasi belajar, Dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bantul Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012”. Tesis. Yogyakarta: Sekolah Pasca Sarjana PGRI.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 teantang Sistem Pendidikan Nasional
Uno, H.,B., (2016). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara
Warsono, Hariyanto, (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Wena, M., (2016). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara
Article Metrics
Abstract view(s): 800 time(s)PDF: 815 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.