Kemandirian dalam Pembelajaran Matematika di Madrasah Tsanawiyah

S. Sutama(1*), Sri Hartini(2), Meggy Novitasari(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemandirian dalam pembelajaran matematika MTs. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan desain penelitian holistik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah: Perencanaan kemandirian dalam pembelajaran matematika disusun oleh kepala madrasah bersama dewan guru pada waktu rapat pembagian tugas, penyusunan rencana kegiatan dan anggaran tahunan atau RKAT dengan memperhatikan kondisi siswa dan lingkungan sekitarnya. Pelaksanaan kemandirian dalam pembelajaran matematika di MTs dengan mengintegrasikannya
pada struktur dan muatan kurikulum, program kesiswaan. Pengintegrasian kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika terlihat dalam kegiatan membuka dan menutup  pelajaran dengan membaca doa dengan artinya yang dipimpin ketua kelas.

Keywords

kemandirian; matematika; pembelajaran

Full Text:

PDF

References

Author, A. (2013). Independent learning and student development, 2(2), 27–35.

Budiyanto, M. dan Machali, I. (2014). “Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Pendidikan Agriculture di Pondok Pesantren Islamic Studies Center Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul Yogyakarta”. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun IV, Nomor 2, Juni 2014.

Buku KPK Modul Pendidikan Anti Korupsi SMP-MTs Kelas 8 - Backup Data www.dadangjsn. blogspot.com.pdf. (n.d.).

Cunska, A., & Savicka, I. (2012). Use of ICT teaching-learning methods make school math blossom. Procedia Social and Behavioral Sciences, 69(Iceepsy), 1481–1488. https://doi. org/10.1016/j.sbspro.2012.12.089

Dahar, R.W., (2011). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Bandung:PT Gelora Aksara Pratama

Fatinah, S., Haji, Z., Shahrill, M., & Mundia, L. (2015). Factors Contributing to Effective Mathematics Teaching in Secondary Schools in Brunei Darussalam. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 186, 474–481. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.169

Fitriana, I., Ihsan, H., Annas, S., (2015). “ Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, kemandirian Belajar Dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP”. Journal of EST,Volume 1, Nomor 2: 86-10, September 2015

Halimah, L., (2017). Keterampilan Mengajar. Bandung:PT Rafika Aditama

Hidayah, I. (2015). Model of Independent Working Group of Teacher and Its Effectiveness towards the Elementary School Teacher ’ s Ability in Conducting Mathematics Learning, 214(June), 43–50. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.591

Ismaya, B., (2015). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: PT Rafika Aditama

Kopzhassarova, U., Akbayeva, G., & Eskazinova, Z. (2016). Enhancement of Students ’ Independent Learning Through Their Critical Thinking Skills Development, 11(18).

Kurniasih, I., (2017). Sukses Mengajar: Panduan Lengkap menjadi Guru Kreatif dan Inovatif. Jakarta:Pustaka Diantara

Majid, A., (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Mulyono, D. (2017). The influence of learning model and learning independence on mathematics learning outcomes by controlling students †early ability, 12(7), 689–708.

Nugroho, A.W., (2018), “ Pengelolaan Pendidikan Karakter Kemandirian Belajar Pada Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Tawangsari”. Tesis. Surakarta: Sekolah Pasca Sarjana

Nurhayati, (2016). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Risnawati, (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika.Yogyakarta:Aswaja Pressindo

Suastika, K. (2017). Mathematics Learning Model of Open Problem Solving to Develop Students ’ Creativity, 12(6), 569–577.

Sumardjoko, B., (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta:Diperbanyak oleh UMS

Sutama, (2012). “Pengelolaan Pembelajaran Matematika Pasca Bencana Erupsi Merapi” , Laporan Penelitian. Surakarta: Sekolah Pasca Sarjana UMS.

Sutama, (2012a). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R &D. Kartasura:Fairuz Media

Sutama, (2017b). Pedoman Penulisan Tesis. Surakarta:Diperbanyak oleh UMS

Suwanto, D. (2012). “ Pengaruh Kemandirian Siswa, Motivasi belajar, Dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bantul Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012”. Tesis. Yogyakarta: Sekolah Pasca Sarjana PGRI.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 teantang Sistem Pendidikan Nasional

Uno, H.,B., (2016). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara

Warsono, Hariyanto, (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Wena, M., (2016). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara

Article Metrics

Abstract view(s): 800 time(s)
PDF: 815 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.