IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SAMBI
Danang Wahyu Hidayat(1*), Elvina Mukti Satiti(2), Wahyu Widiyatmoko(3)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Permata, L. D., Rahmawati, D., & Fitriana, L. (2018). Pembelajaran matematika SMP dalam perspektif landasan filsafat konstruktivisme. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(1), 32–43.
Sarnoko, S., Ruminiati, R., & Setyosari, P. (2016). Penerapan Pendekatan Savi Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sdn I Sanan Girimarto Wonogiri. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1235–1241.
Sholekhah, I. M., & Hadi, S. (2014). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Melalui Motivasi Belajar SMP Negeri 1 Ambarawa (Studi Kelas VII Tahun Ajaran 2013/2014). Economic Education Analysis Journal, 3(2), 372–378.
Sulfemi, W. B. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS di SMP Kabupaten Bogor. EDUTECNO : Jurnal Pendidikan Dan Administrasi Pendidikan, 18(1), 1–12.
Sumitro, A. H., Setyosari, P., & Sumarmi. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1188–1195. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9936/4696
Supardan, D. (2016). Teori dan Praktik Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Edunomic, 4(1), 1–12.
Suprantini, E., Rohaetin, S., & Oktobery, R. (2017). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPS Terpadu Melalui Pendekatan Komunitas Belajar di Kelas VIII SMPN-3 Parenggean Tahun Pelajaran 2016/2017, 8(2), 21–28.
Utami, P. S., & Gafur, A. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Di SMP Negeri Di Kota Yogyakarta. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 97–103. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i1.4622
Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 Dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivisme. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 59–72.
Wibowo, K. P., & Marzuki, M. (2015). Penerapan Model Make a Match Berbantuan Media Untuk Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 158–169. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7667
Article Metrics
Abstract view(s): 1448 time(s)PDF: 1250 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.