EFEKTIVITAS EKSTRAKURIKULER PRAMUKA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 NGAWEN
Sinta Tri Noviana(1), Rifiana Febriyanti(2), Main Sufanti(3*), Gallant Karunia Assidik(4)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus, S, Dani & Budi, A. (2015). Buku Panduan Pramuka Penggalang. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.
Asrivi, Q. E. S. (2020). Implementasi Pramuka Sebagai Ekstrakulikuler Wajib Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 2(2), 255–268.
Damanik, S. A. (2014). No Title: Pramuka Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol., 13(2), 16–21.
Dewi, P. K., Hadi, N., & Purwasih, H. J. G. (2021). Implikasi Ekestrakurikuler Karate Pada Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus Perguruan Dojo Cakrawala Institut Karate-Do Indonesia ). Naturalistic; Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 833–845.
Hanum, H., Solfema, & Jalius. (2018). Gambaran Kepemimpinan Pembina Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMA Adabiah Padang. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 42. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9470.
Kristianto, A. A., & Fitriana, W. (2019). Latihan Kepemimpinan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Comm-Edu, 2 Nomor 2(2), 108–112.
Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–116. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956.
Lestari, R. Y. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal, 1(2), 136–152. https://doi.org/10.30870/ucej.v1i2.1887.
Maghfiroh, Z. D., & Khotimah, N. (2020). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Komputer Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok A di TK Plus Assalam Sidoarjo. Jurnal PAUD Teratai, 9(2), 1–18.
Mursito, J. (2010). Upaya Menumbuhkan Karakter Bangsa Melalui Kegiatan Kepramukaan di Sekolah. Jakarta: Lemdiknas.
Nurdin, Ismail & Sri Hartati. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. No 62 Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.90.
Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.
Rahmatika, D. (2015). Buku Pintar Pramuka Edisi Pelajar. Jakarta:Bee Media Pustaka.
Rifka, R. N. (2017). Step by Step Lancar Membuat SOP. Depok: Huta Publisher.
Suyahman. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Gerakan Pramuka di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 29(2), 169–176. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.803.
Sugiyono, (2009). Metode Penetitian Kuantitatif, Kualitatif san R&D. Bandung: Alfabeta.
Article Metrics
Abstract view(s): 700 time(s)PDF: 519 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.