PENERAPAN BUDAYA 5S DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SMP NEGERI 3 POLOKARTO
Devita Dwi Ramawati(1), Yeyen Syafitri(2), Yogi Arga Jalu Pratama(3), Atiqa Sabardila(4), Main Sufanti(5*)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, Aisyah M. 2018. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.
Anggraeni, Fransiska Silvia Novida., Azhar Hag., Fita Mustafida. 2019. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun)”. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1 (2): 147-152.
Ariani, Yeti. 2020. Model Penilaian Kelas Online Pada Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Budiman, Arif. 2017. Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2003.
Edi, Fandi Risi Wanto. 2016. Teori Wawancara Psikodiagnostik. Yogyakarta: Leutikaprio.
Fadhli, Muhammad. 2017. “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan”. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1 (2): 215-240.
Harun, C.Z. 2013. “Manajemen Pendidikan Karakter”. Jurnal Pendidikan Karakter, (3).
Julia, P., dan Ati, A. 2019. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Nilai Karakter Disiplin Dan Kejujuran Siswa”. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 3 (2): 112-122.
Komara, E. 2018. “Penguatan Pendidikan Karakter Dan Pembelajaran Abad 21”. Sipatahoenan, 4 (1).
Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter. Bandung: Nusa Media.
Maryamah, Eva. 2016. “Pengembangan Budaya Sekolah”. Jurnal Tarbawi, 2 (2), 86-96.
Maulidah, Fitrotul dan Hendrik Pandu Paksi. 2019. “Implementasi Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Dan Santun) di SDN SURUH SIDOARJO. JPGSD, 7 (4): 3285-3294.
Mulyasa. 2012. “Manajemen Pendidikan Karakter”. Jakarta: Bumi Aksara.
Pradana, Yudha. 2016. “Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah”. Jurnal Untirta Civic Education, 1 (1): 55-67.
Riyanto, Sugeng dan Silvia Nur Priasti. 2019. “Realisasi Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) Dalam Meningkatkan Kualitas Kesantunan Antar Peserta Didik Di SD MUHAMMADIYAH PAKEL”. Jurnal Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra, 5 (1): 264-267.
Setiawati, Eka., Dkk. 2020. Pendidikan Karakter. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Setyadi, Yulianto Banmbang., Dkk. 2019. “Penerapan Budaya 5S Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan Sragen”. Jurnal Buletin KKN Pendidikan, 1 (2): 70-76.
Sujana, I Wayan Cpng Sujana. “Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia”. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (1): 29-39.
Undang-Undang No. 20 Tahun. 2003 tentang SISDIKNAS.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun. 2003 tentang UUSPN Pasal. 3.
Article Metrics
Abstract view(s): 1424 time(s)PDF: 1148 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.