PENERAPAN APLIKASI AKSI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BACA SISWA KELAS 4 SD N 1 MURUH
Fadya Juliana Putri(1*), Hardika Dwi Hermawan(2)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alaslan, A. (2021). Penelitian Kualitatif : Metode Penelitian Kualitatif. In Jurnal EQUILIBRIUM. https://doi.org/10.31237/osf.io/2pr4s
Damayanti, A., Suradika, A., & Asmas, B. (2020). Strategi Mengurangi Kejenuhan Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) melalui Aplikasi ICANDO pada Siswa Kelas I SDN Pondok Pinang 08 Pagi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–10. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Faizah, dewi susanti sufy, & Adi. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Sekolah Dasar. In Direktoran Pembinaan Sekolah Dasar (Vol. 53, Issue 9).
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774
Irdawati, Y., & Darmawan. (2014). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), 1–14.
Karimah, A. A., & Supriyanto, A. (2021). Pelatihan Literasi untuk Siswa SD Karangwuni enggunakan Aplikasi AKSI. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 3(1), 1050–1056.
Karisma, A. N., Rumambarsari, L., Setyowati, N., & Pramudita, D. A. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi AKSI sebagai Pendukung Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 5(1), 52–60. https://doi.org/10.23917/bppp.v5i1.22941
Khasannah, B. A., Kayyis, R., & Sutriningsih, N. (2022). Mengenalkan Teknologi Dan Inovasi Meningkatkan Literasi Dengan Aplikasi Aksi Di Sd Negeri 1 Sinarbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 46–54. https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v6i1.1724
Lolotandung, R., & Trivena, T. (2022). Literacy Program to Increase Reading interest in Third-Grade Elementary School Students. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 1778–1782. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i2.4454
Mariati, N. P. A. M., Sudiarsa, I. W., Sanjiwani, N. M. S., & Putra, P. A. P. (2022). Inovasi Pembelajaran Literasi Program Kampus. Jurnal PKM. Widya Mahadi, 2(2), 78–86. https://doi.org/10.5281/zenodo.6605945
Metsäpelto, R. L., Silinskas, G., Kiuru, N., Poikkeus, A. M., Pakarinen, E., Vasalampi, K., Lerkkanen, M. K., & Nurmi, J. E. (2017). Externalizing behavior problems and interest in reading as predictors of later reading skills and educational aspirations. Contemporary Educational Psychology, 49, 324–336. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2017.03.009
Nuriyah An-Nisa, Y., Martinus Legowo, D., Studi Sosiologi, P., & Ilmu Sosial, J. (2022). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Literasi Dan Motivasi di SD Negeri Poter 2 Bangkalan. SNIIS, 267–280.
Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11
Pitoyo, A. (2020). A Meta-Analysis: Factors Affecting Students’ Reading Interest in Indonesia. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(7), 83. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i7.1727
Pratiwi, W. I. (2020). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaan Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar , Klaten , Jawa Tengah. Jp3Sdm, 9(2), 30–46.
Riswakhyuningsih, T. (2019). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). In RISTEK: Jurnal Riset, inovasi, dan Teknologi (Vol. 3, Issue 1).
Rogers, H. (2022). 2 The State of Global Learning Poverty: 2022 Update |. 1–78. https://www.worldbank.org/en/topic/education/publication/state-of-global-learning-poverty
Rosita, D. A., & Damayanti, R. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis Pada Sekolah Dasar Terdampak Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.852
Rusti, E. R. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Kelas 5 Di Sdn 1 Kalibunder. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(1), 1–4. Reading Literacy, Elementary School Students, Low Reading Literacy%0APENDAHULUAN
Sidiq, U., & Miftachul, C. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 228. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
Sukma, E., Rahmatina, R., Indrawati, T., Suriani, A., & Fadillah, N. (2019). Difficulties in Learning Early Literacy in Primary Schools. European Union Digital Library, 1–6. https://doi.org/10.4108/eai.19-7-2019.2289491
UNICEF Indonesia. (2021). The Impact of the COVID-19 Pandemic on Children’s Learning in Indonesia. Issue Brief - UNICEF Indonesia, 10.
Wulandani, B. A., & Jiwandono, I. S. (2022). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah ( GLS ) di SDN 21 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1837–1845.
Article Metrics
Abstract view(s): 275 time(s)PDF: 263 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.