EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Nur Putri Agusti Aukmasari(1), Sinta Mabela(2*), Zainul Arifin(3), Agus Budi Wahyudi(4)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Muhammadiyah University of Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggaraini, Lutfiah Arirah. (2020). Efektivitas Pembelajaran E-Learning Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Ix Ips-2 Sma Al-Hasra Kota Depok Tahun Pelajaran 2020/2021. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Bahasoan, A. N., Wulan Ayuandiani, Muhammad Mukhram, & Aswar Rahmat. (2020). Effectiveness of Online Learning in Pandemic Covid-19. International Journal of Science, Technology & Management, 1(2), 100–106. https://doi.org/10.46729/ijstm.v1i2.30
Dewantara, Jagad Aditya, T Heru Nurgiansyah. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, No 1, Vol 5.
Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584.
Iswatiningsih, Daroe., Fauzan., Dluhayati & Yanti Karunia Lestari. (2021). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa Smp. Jurnal Pendidikan, No.1, Vol.5.
Jayanti, D., Septiani, J. I., Sayekti, I. C., Prasojo, I., & Yuliana, I. (2021). Pengenalan Game Edukasi sebagai Digital Learning Culture pada Pembelajaran Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 184–193. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15735
Magdalena, I., Gemilang Mauludyana, B., & Gusmawati, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Di Sdn Curug Kulon 1. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 326–335. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Mustkim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media OnlineSelama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran MatematikaThe Effectiveness Of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic In Mathematics. Jurnal of Islamic Eduction, No.1, Vol.2.
Nugroho, Prasetia, Nur, Arifi, dan Purwati, Dwi. (2018). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir di SMA N 1 Prambanan. Istoria: Jurnal Pendidikan dan Sejarah 4(1): 1.
Rani, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Akidah Akhlak Pada Peserta Didik Kelas IX Semester Ganjil MTsN 2 Tanah Laut Tahun Pelajaran 2020-2021. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 21–31. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.177
Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. Ummul Quro, 6(2), 20–35.
Simatupang, Nova Irawati, Sri Rejeki Ignasia Sitohang, dkk. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3).
Soeharyono, J. N. I., Budiman, M. A., & Damayani, A. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas Iv Sd Negeri Pengkol Jepara. Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 2(1), 43–53. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/praniti/article/view/1477
Waryanto, N. H. (2006). On-line Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. Pythagoras, 2(1), 10–23.
Article Metrics
Abstract view(s): 238 time(s)PDF: 141 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.