Pekarangan: Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Keagamaan

Ginda Tia Monika(1*), Rafika Febrilia(2), Yofita Feganandia Kumala(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Permasalahan yang ada pada negara kita dalam pendidikan adalah kurangnya pengaruh pendidikan karakter yang telah di ajarkan kepada peserta didik, bisa kita lihat pada sekarang banyak sekali kasus yang menyangkut pelanggaran-pelanggaran menyangkut nilai dan moral yang dilakukan oleh peserta didik seperti pelecehan seksual, pemakaian narkoba, miras dll. Oleh karena itu, kegiatan keagamaan secara tidak langsung dapat menjadi salah satu solusi dalam memberikan pendidikan karakter pada anak, karena di dalamnya akan dibubuhi permasalahan serta solusi dalam kehidupan sehari-hari. Melalui metode observasi dan wawancara dengan siswa maupun tenaga pendidik di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta, diperoleh cara semacam ini efektif dalam memberikan pembelajaran mengenai sikap maupun tingkah laku anak, anak akan lebih mudah mencermati sebab dikaitkan dengan aktifitas religiusnya masing-masing.

Full Text:

PDF

References

Lincoln, and Guba. 1985. Naturalistic Inquiry. USA: Sage Publisher.

Lincoln, Thomas. 1991. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam.

Maryadi. 2010. Pedoman Penulisan Skripsi FKIP. Surakarta: FKIP UMS. Patilima, Hamid. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuatintatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Article Metrics

Abstract view(s): 493 time(s)
PDF: 932 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.