KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Rizka Mafida Feby Firdareza(1*), Septia Nurul Hapsari(2)(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Pedan Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini, siswa kelas X SMK Negeri 1 Pedan Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini sebanyak 67 siswa. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini ialah angket kesulitan belajar siswa pada matematika. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa indikator kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap kesulitan belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Pedan Tahun Pelajaran 2019/2020, yaitu dengan prosentase sebesar 53,33%.
Full Text:
PDFReferences
Agung, I. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta : Bestari Buana Murni.
Hidayati, Y.M., Herawati, A., Rofiah, S.N. Implementasi Strategi Example Non Example Berbasis kartun pada Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Proseding.
Sardiman. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Djamarah, S.B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Sastrawati.2011. “Problem Based Learning, Strategi Metakognisi, dan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa”. Teno-Pedagogi 1(2): 1-14
Article Metrics
Abstract view(s): 535 time(s)PDF: 614 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.