MENINGKATAKAN KOSAKATA SISWA MENGGUNAKAN LAGU “HALLO SONG FOR KIDS” KELAS DI 10A SMK NEGERI 1 PEDAN
Ridwan Ari Murti(1*), Acep Juni Antoro(2)(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Bahasa Inggris sebagai bahasa international menjadi salah satu aspek penting untuk dipelajari dalam proses pendidikan di Indonesia. N amun mendidik siswa-siswi untuk mampu dan terampil berbahasa 1nggris kerap kali menemui berbagai kendala. Salah satu Kendal yang paling sering ditemui adalah siswa yang kesulitan menghafal kosakata yang terdapat dalam Bahasa Inggris. Ketidakmainpuan dalam menghafalkan kosakata ini mengakibatkan siswa tidk atau kurang mampu memahmi segal instruksi dan bhkan inti dari pelajaran bahsa inggris itu sendiri. untuk mengatsai hal itu, pengajar bisa melakukan beberapa metode penyampaian yang mendorong siswa-siswi untuk lebih menghafal dan meningkatkan kosakata yang mereka kuasai. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan lagu sebagai media. Pengajar bisa menyediakan satu lagu yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan kemudian siswa diajak untuk memahami dan mencatat kata-kat yang terdapat dalam lagu yang diperdengarkan kepada mereka.Penelitian ini bertujuan untuk meneliti efektifitas media pembelajaran menggunakan lagu berbahasa inggris dalam meningkatkan penguasaan vocabulary pesertadidik.
Full Text:
PDFReferences
Salcedo, Claudia Smith. 2002. The Effects of Songs in The Foreign Language Classroom on Text Recall and Involuntary Mental Rehearsal. Lousiana Lousiana State University.
http://erirints.unv.ac.id/8378/3/BAB%202-052tl2244l2164.pdf 27/03/2017 19.19 pm
Article Metrics
Abstract view(s): 502 time(s)PDF: 562 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.