Video Critic dalam Pembelajaran Aqidah pada Siswa Kelas IX di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta
Annidya Eva Dhaniayainil(1*), Widyaningrum Widyaningrum(2), Ria Ayu Maassita(3)(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi video critic dalam pembelajaran aqidah siswa kelas IX di SMP Muhamamdiyah 7 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi video critic harus mempersiapkan video sesuai materi, media dan alat, serta mengatur waktu. Respon siswa terhadap pembelajaran sangat beragam, siswa merasa pembelajaran menyenangkan dan mudah dipahami. Siswa mampu berpikir abstrak terjadinya hari akhir, sesuai Teori Piaget proses belajar seseorang mengikuti pola dan tahap perkembangannya sesuai dengan umur, mampu menarik kesimpulan, dan mengembangkan hipotesis. Kesulitannya yaitu membutuhkan persiapan yang matang dalam pelaksanaanya, menyiapkan dan memilih video, memastikan media dan alat dalam kondisi baik, mengatur waktu sebaik mungkin. Keberhasilan dapat dilihat melalui hasil analisis yang siswa sampaikan dan evaluasi soal di buku pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Hermawan, H. D., Deswila, N., & Yunita, D. N. (2018, July). Implementation of ICT in Education in Indonesia during 2004-2017. In 2018 International Symposium on Educational Technology (ISET) (pp. 108-112). IEEE.
Sarwono, S.W. 2012. Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Sanjaya, W. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Silberman, Melvin L. 2012. Active Learning (101 Cara Belajar Siswa Aktif). Bandung: NUANSA.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003
Article Metrics
Abstract view(s): 403 time(s)PDF: 437 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.