Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika

Azzah Amany(1*)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Pembelajaran daring menjadi satu-satunya jalan untuk tetap melaksanakan pendidikan pada masa pandemic covid-19. Untuk melihat keberhasilan pembelajaran daring diperlukan evaluasi pembelajaran secara daring melalui berbagai media online salah satunya yaitu Quizizz. Quizizz memiliki fitur yang memadai untuk dijadikan sebagai media evaluasi pembelajaran daring seperti kuis dan penilaian harian. Namun, kebanyakan orang hanya memanfaatkan Quizizz hanya sebagai game pembelajaran saja padahal melalui Quizizz dapat dilakukan berbagai macam evaluasi pembelajaran yang formal seperti kuis, penilaian harian, survei dan sebagainya. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan bahwa Quizizz dapat dijadikan media evaluasi pembelajaran formal seperti ujian atau penilaian harian khususnya pada pelajaran matematika. Metode penelitian ini yaitu literature review, observasi, dan wawancara dengan guru mata pelajaran matematika di SMPIT AR Rahmah Pacitan. Hasil penelitian berdasarkan literature review, pelaksanaan ujian atau penilaian harian dapat dilakukan melalui Quizizz dengan mengoptimalkan penggunaan fitur pada Quizizz salah satunya yaitu Live Quiz. Evaluasi pembelajaran melalui Quizizz dapat memudahkan guru dalam melakukan penilaian secara detail dan obyektif.

Full Text:

PDF PDF

References

Agustina, L., & Rusmana, I. M. (2019). Pembelajaran Matematika Menyenangkan dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sosiomadika, 1–7. Retrieved from http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Darodjat, & Wahyudiana. (2015). Model Evaluasi Program. Islamadina, XIV, 1–28.

Handayani, L. (2020). Keuntungan , Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal Industrial Engineering & Management Research ( Jiemar), 1(2), 15–23.

Junior, J. B. B. (2020). ORIGINAL RESEARCH ARTICLE OPEN ACCESS ASSESSMENT FOR LEARNING WITH MOBILE APPS : EXPLORING THE POTENTIAL OF QUIZIZZ IN * João Batista Bottentuit Junior. 10, 33366–33371.

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 36–40.

Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 60–66. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1161

Rerung, M. K. T., & Junita. (2020). Digital-Based Language Testing Implementation Designed For EFL Learners. Acitya : Journal of Teaching & Education, 2(2), 129–140.

Supriyadi, G. (2011). Pengantar & Teknik Evaluasi Pembelajaran. Malang: Intimedia.

Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Sukoharjo: Jasmine.

Wibawa, R. P., Astuti, R. I., & Pangestu, B. A. (2019). Smartphone-Based Application “quizizz” as a Learning Media. Dinamika Pendidikan, 14(2), 244–253. https://doi.org/10.15294/dp.v14i2.23359

Zhao, F. (2019). Using quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37–43. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37

Article Metrics

Abstract view(s): 4265 time(s)
PDF: 3136 time(s) PDF: 1713 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.