Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Materi Teks Berita
Endah Cahyaningsih(1*), Gallant Karunia Assidik(2)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afiat, Zul. (2019). Homeschooling; Pendidikan Alternatif di Indonesia. Jurnal Visipena, 10(1), 50-65.
Anggara, Dameis Surya, dan Candra Abdillah. (2018). Proses Pembelajaran Program Homeschooling Tingkat Sekolah Dasat di PKBM Anugrah Bangsa Kota Semarang. EDUKA Jurnal Pendidikan, Hukum dan Bisnis, 4(1), 12-21.
Herliandry, Luh Devi, Nurhashanah, Maria Enjelina Suban, dan Heru Kuswanto. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.
Maharani, Bekti Yuni dan Hardini Agustina Tyas Asri. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(5), 549-561.
Marleni, Lusi. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 149-159.
Puspitadewi, Rizky, Agung Nugroho Catur Saputro, dan Ashadi. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA 3 Semester Genap SMA N 1 Teras Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5(4), 114-119.
Putrayasa I Made, Syahruddin, dan I Gede Margunayasa. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1), 1-11.
Ali, F. A. (2020). Sistem Homeschooling sebagai Penunjang Efektivitas Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 38–47.
Amany, A. (2020). Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1–11.
Amini, A. D., Subekti, E., & Pertiwi, R, K. (2020). Implementasi Model Pendidikan Alternatif dalam Pembelajaran dengan Homeschooling. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1–7. http://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/13791
Jayanti, D., Septiani, J. I., Sayekti, I. C., Prasojo, I., & Yuliana, I. (2021). Pengenalan Game Edukasi sebagai Digital Learning Culture pada Pembelajaran Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 184–193. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15735
Khamal, S. Y. B. (2020). Tantangan Pembelajaran Olahraga dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajara, 2(2), 28–35.
Moelong, L. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Edisi Revisi. Remaja Rosdakarya.
Nuroniyah, A., & Khuriyah. (2021). Home Teaching Era Pandemi Covid-19 pada Siswa SD sebagai Upaya Mengatasi Problematika Pembelajaran Daring. Warta LPM, 24(3), 466–475. https://doi.org/10.23917/warta.v24i3.14053
Octaviani, F. R., Murniasih, A. T., Kusuma, D., Agustina, L., Keguruan, F., & Surakarta, U. M. (2020). Apersepsi Berbasis Lingkungan Sekitar sebagai Pemusatan Fokus Pembelajaran Biologi Selama Pembelajaran Daring. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 8–17.
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645
Purnomo, E., & Sabardila, A. (2020). Makna Referensial dalam Spanduk Antisipasi Korona di Gang Kampung dan Relevansinya sebagai Materi Ajar SMP. Proceeding of The URECOL, 34–40.
Ratih, K., Utami, R. D., Fuadi, D., Mulyasih, S., Febriani, D., Asmara, S. F., Aprilianti, D. R., Rianti, A. W., Santiana, D., Rahmawati, H., Adlina, L. M., Rosyidi, B., & Hidayat, M. T. (2020). Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 44–49. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i1.10770
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulfemi, W. B., & Yuliana, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 5(1), 17–30. http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/article/view/1021
Article Metrics
Abstract view(s): 3320 time(s)PDF: 4091 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.