Peningkatan Kemampuan Belajar Matematika melalui Penerapan Pendekatan Problem Solving
Pratiwi Dian Anggraini(1*), Dias Aziz Pramudita(2)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afifah, E. P., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 95. https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2822
Ardiyanto, D. S. (2013). Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Hands on Problem Solving untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Tahun (pp. 157-184).
Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294-303..
Cahyani, E. D. (2017). Pembelajaran Matematika berbasis Masalah dengan Strategi Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa MTs. Jurnal Varidika, 28(2), 140–149. https://doi.org/10.23917/varidika.v28i2.3029
Imawati, S. (2020). Penerapan Problem Solving Berorientasi Kontekstual Untuk Meningkatkan Komunikasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Varidika, 32(1), 80–93. https://doi.org/10.23917/varidika.v32i1.11579
Kusno, K., & Setyaningsih, E. (2021). Self-Regulated Learning of Mathematics for Teacher Prospectives in the Development of Student E-Worksheets. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 5(1), 205. https://doi.org/10.31764/jtam.v5i1.3911
Maesari, C., Marta, R., & Yusnira, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 1(1), 92-102..
Mayer, R. E. (2012). Problem Solving. Encyclopedia of Human Behavior: Second Edition, 181–186. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-375000-6.00290-1
Nasucha, Y., Huda, M., Santoso, T., & Ihsanudin, M. (2015). Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia : Implementasi Strategi Pengembangan Paragraf Tanya Jawab Antar Siswa. Warta UMS, 18(2), 145–152.
Raden, I., & Lampung, I. (2015). No Title. 6(2), 121–129.
Salim Nahdi, D., & Cahyaningsih, U. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SD Kelas V dengan berbasis Pendekatan Saintifik yang Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1119
Septian, A., Komala, E., & Komara, K. A. (2019). Pembelajaran dengan Model Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Prisma Universitas Suryakancana, 8(2), 182–190.
Shanti, W. N., & Abadi, A. M. (2015). Keefektifan Pendekatan Problem Solving dan Problem Posing dengan Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 121. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7155
Somantri, G. R. (2005). Makara Human Behavior Studies in Asia Memahami Metode Kualitatif. 9(2), 57–65.
Suhendri, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117
Sulaeman, M. G., Jusniani, N., & Monariska, E. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 66. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.992
Sutama, Sofia, & Novitasari, M. (2019). Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal Matematika Berorientasi Pisa dalam Konten Perubahan dan Hubungan pada Siswa SMP. Jurnal Varidika, 31(1), 1–7. http://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/8898/4794
Syah, M. F. J., Amalia, N., Utami, S. B., Astuti, N. D., & Rohmadi, M. (2021). Penguatan Dinamika Interpersonal Keterlambatan Motorik Halus bagi Anak SD Kelas Rendah. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 45–53. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14667
Wahyuni, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Prediksi Soal-Soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika Melalui Pendekatan Jigsaw pada Peserta Didik Kelas IX A SMP Negeri 4 Boyolali Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Varidika, 26(2), 175–181. https://doi.org/10.23917/varidika.v26i2.687
Winarso, W. (2014). Problem Solving, Creativity dan Decision Making dalam Pembelajaran Matematika. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.3
Article Metrics
Abstract view(s): 350 time(s)PDF: 309 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.