Kesiapan Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19

Rani Dwijayanti(1*), Asna Nur Rachma(2), Naufal Ishartono(3)

(1) Univrsitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Univrsitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Univrsitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan siswa kelas VIII A dan VIII C dalam pembelajaran jarak jauh menggunakan e-learning madrasah pada masa pandemi Covid-19 di MTs Negeri 5 Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini ditujukan kepada siswa kelas VIII A dan siswa kelas VIII C MTs Negeri 5 Klaten yang dilakukan pada saat pelaksanaan PLP 2 FKIP UMS. Hasil penyebaran kuesioner kepada responden (siswa kelas VIII A dan siswa kelas VIII C) menunjukkan bahwa siswa kelas VIII A memiliki kesiapan yang lebih baik dalam pembelajaran jarak jauh menggunakan e-learning madrasah dibandingkan dengan kesiapan siswa kelas  VIII C dalam pembelajaran jarak jauh menggunakan e-learning madrasah. Kesiapan dalam pembelajaran jarak jauh menggunakan e-learning madrasah tersebut didasarkan pada faktor teknologi, faktor inovasi, faktor manusia, faktor pengembangan diri, dan faktor keaktifan.

Full Text:

PDF

References

Anugrah, T. M. F. (2021). Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 IMPLEMENTASI Terdampak Pelaksanaan Pandemi Covid-19 (Studi Kasus SDS ABC Jakarta Utara). Akselerasi: Jurnal Ilmiah Nasional 3(3): 38-45.

Aydin, C. H., & Tasci, D. (2014). Measuring Readiness for e-learning : Reflections from an Emerging Country . Measuring Readiness for e-learning : Reflections from an Emerging Country Cengiz Hakan Ayd ı n Deniz Tasci. January 2005.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Fajri, S. Al. (2018). Pengukuran Tingkat Kesiapan Penerapan E-learning di SMK N 1 Banyumas. Skripsi.

G. A. R. Hasibuan., Mulyadi, A., Anjani, A. R., Lubis, R. & Andani, A. R. (2021). Pengembangan Inovasi Literasi, Numerasi, Administrasi, dan Teknologi di SDN Kertamukti 01 Melalui Program Kampus Mengajar Batch 1. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15 (2) : 67 – 74

Gasson, J., & Haden, P. (2014). Modern Digital Literacy: The Computer Science Curriculum Goes Mainstream. Proceedings of ASCILITE 2014 - Annual Conference of the Australian Society for Computers in Tertiary Education, 49–57.

Hasanah, Dian Ratu Ayu Uswatun, Hascaryo Pramudibyanto, Barokah Widuroyekti. (2020). Pendidikan dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1),41-42.

Jamal, S. (2020). Analisis Kesiapan Pembelajaran E-learning Saat Pandemi Covid-19 di Smk Negeri 1 Tambelangan. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1), 16. https://doi.org/10.26858/jnp.v8i1.13561

Jayanti, Dwi, dkk. (2021). Pengenalan Game Edukasi sebagai Digital Learning Culture pada Pembelajaran Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 3(2): 184-193.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67-76.

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.

Novianto, Sendi dan Kardinawati, Acun, (2020). Pelatihan Berpikir Praktis Melalui Permainan Komputer untuk Siswa SD ISBA 2 Semarang. Jurnal Adimasku. 3(2), 1-10.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System , Applied , Management , Accounting and Researh ), 4(2), 30–36.

Prasandha, D., Utomo A. P. Y. (2021). Evaluasi Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021. Jurnal Sastra Indonesia 11(1), 48-55.

Prasetya, I., dkk. (2019). Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar. Buletin KKNDik, 20191 (1): 31-33.

Publich Health Ontario. (2020) Physical Distancing. Public Health Ontario, 2019, 2019–2020. http://www.bccdc.ca/Health-Info-Site/Documents/COVID19-Physical-distancing.pdf

Sabardila, A., Fachri, A. R., Santoso, E., Aini, N. N., Safitri, M., Putri, D. M., … Safira, R. (2020). Peningkatan Antusiasme dan Pemahaman Siswa dalam PBM melalui Metode Talking Stick di MIM Jatisari Kedungdowo, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 56–62.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. 2018. Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP), 1(1), 13–18.

Widyaningrum, N., Djayanti Putri, Y., & Wilopo. (2020). Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Gambaran Penerapan Physical Distancing Sebagai Upaya. 7(2), 470–481.

Article Metrics

Abstract view(s): 302 time(s)
PDF: 146 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.