Pemanfaatan Kardus Bekas untuk Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
Aulia Kharismawati(1*), Anatri Desstya(2)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Chouirudin, F. M., & Rahmasari, S. N. (2021). Tingkat Cakap Tanggap Peserta Didik dalam Perangkat Google Classroom Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(2), 62–69.
Dwi Handayani, N. M., Ganing, N. N., & Suniasih, N. W. (2017). Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Audio-Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502
Falahudin. (2017). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Iwan. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro).
Hanafi, S. H., & Sujarwo, S. (2015). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak dengan Memanfaatkan Media Barang Bekas di TK Kota Bima. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6360
Herawati, N. I. (2016). Pendidikan Inklusif. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2755
Ikhsan, A. (1967). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar di SD Negeri 2 Teunom Aceh Jaya. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Proses Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Sultan Ageng Tirtayasa.
Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan Media Visual dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.
Maghfirah, S. (2019). Pemanfaatan Barang Bekas dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Aṭfālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i1.938
Noor, F. M., Prasetyo, D. R., & Fawaida, U. (2019). Pemanfaatan Alat dan Bahan dari Lingkungan sebagai Media Pembelajaran Sederhana Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MTs Muwahidun Gembong. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5967
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif : dalam Penelitian Pendidikan Bahasa / Dr. Farida Nugrahani, M.Hum. In Surakarta : Farida Nugrahani, 2014 M.
Nuwairah, N., Zainuddin, Z., & Mastuang, M. (2018). Pemanfaatan Barang Bekas dalam Pembuatan Alat Peraga dengan Menggunakan Model Inquiry Discovery Learning Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.20527/jipf.v2i2.1006
Pambudi, B., Efendi, R. B., Novianti, L. A., Novitasari, D., & Ngazizah, N. (2019). Pengembangan Alat Peraga IPA dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15097
Portanata, L., Lisa, Y., & Awang, I. S. (2017). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa.
Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561
Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sawitri. (2021). Nilai Kemandirian dalam Wacana Ungkapan Hikmah di SD Sekaresidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan, 30(1), 73–80.
Rachmadyanti, P., Gunansyah, G., & Subagio, F. M. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Kreatif dari Barang Bekas Bagi Guru-Guru SD di Kecamatan Wonosalam Jombang Jawa Timur. Pedagogika: Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol7issue1page62-71
Rahina Nugrahani. (2007). Media Pembelajaran berbasis Visual Berbentuk. Lembaran Ilmu Kependidikan Jilid 36 No.1.
Restiyanti, D., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sifudin, Fakhrur, M. (2021). Menggali Nilai Karakter dalam Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas, 4(3), 241–255.
Siron, Y., Khonipah, I., & Fani, N. K. M. (2020). Penggunaan Barang Bekas untuk Media Pembelajaran di PAUD: Pengalaman Guru. Early childhood : Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i2.868
Sobry, M., & Sa’i, M. (2020). Penguatan Kompetensi Guru melalui Pemanfaatan Media Sederhana dan Modern. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2347
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar.
Widiyawati, Y. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA bagi peserta Didik dengan Visual Impairment di SLB. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran). https://doi.org/10.31331/jipva.v1i1.510
Article Metrics
Abstract view(s): 744 time(s)PDF: 569 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.