Identifikasi Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA
Rahayu Duwi Rohmah(1*), Mustikawati Mustikawati(2), Miftakhul Huda(3), Himatus Syaadah(4)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Sekolah Indonesia Kuala Lumpur
(*) Corresponding Author
Abstract
Online learning method atau pembelajaran jarak jauh sebagian besar telah dilaksanakan oleh seluruh pihak, salah satunya bidang pendidikan. Pembelajaran daring menjadi salah satu pilihan guna menyelesaikan masalah yang ditimbulkan akibat dampak Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi online learning methode dan mendeskripsikan hambatan yang dialami siswa SMA Negeri 1 Cepogo dalam pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini tanggapan atau respons dari peserta didik. Sumber data diperoleh dari hasil survei siswa kelas X IPS 2 dan XI MIPA 1. Teknik pengumpulan data memanfaatkan teknik angket atau kuesioner dalam bentuk Google Form secara daring melalui WhatsApp kepada siswa kelas X IPS 2 dan XI MIPA 1. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan online learning method yang menjadi pilihan bagi para guru yakni menggunakan bermacam aplikasi yang bisa menunjang aktivitas belajar mengajar seperti WhatsApp, Zoom Meeting, dan Google Classroom. Selain itu, dijumpai berbagai hambatan yang sering dialami oleh siswa selama pembelajaran. Hambatan yang paling sering dialami oleh siswa adalah kurangnya pemahaman peserta didik mengenai materi yang disampaikan guru, karena adanya kendala kuota internet yang tidak memadai, koneksi sinyal dan kapasistas gawai yang kurang menujang pembelajaran bagi siswa.
Full Text:
PDFReferences
Afifudin, M. N., Abdul, M., Khoiruddin, L., & Hamid, M. A. (2020). Perbandingan Minat Siswa terhadap Mata Pelajaran Agama dengan Mata Pelajaran Umum di SMP AL Islam Kartasura. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(1), 20–24.
Amalia, A., & Fatonah, S. (2020). Penerapan Pembelajaran Daring Dragonlearn pada Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di MI Ma’had Islam Kopeng). ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(3), 148–164.
Ariyani, I. E., Lailatul Hibatullah T, N., Dwi, D., & Sari, A., (2020). Implemantasi Online Learning Model (OLM) sebagai Peningkatan Mutu Pembelajaran di Era New Normal. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 17–28.
Chouirudin, F. M., & Rahmasari, S. N. (2021). Tingkat Cakap Tanggap Peserta Didik dalam Perangkat Google Classroom selama Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(2), 62–69.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Farell, G., Ambiyar, Simatupang, W., Giatman, M., & Syahril. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring pada SMK dengan Metode Asynchronous dan Synchronous. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1185–1190.
Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, VI(01), 1–9.
Hasibuan, S. A., & Damanik, L. A. (2020). Metode Pembelajaran Interaktif yang Diselenggarakan secara Daring Akibat Mewabahnya Covid-19. Prossiding Seminar Hasil Penelitian 2019, 182–188.
Khamal, S. Y. B. (2020). Tantangan Pembelajaran Olahraga dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajara, 2(2), 28–35.
Khikmawati, D. K., Alfian, R., Nugroho, A. A., Susilo, A., Rusnoto, & Cholifah, Nn. (2021). Pemanfaatan E-book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 74–82. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14671
Khusna, F. N., Fitriana, D., Amalia, N. N., Rahmawati, F. P., & Utami, R. D. (2021). Ladies Program: Media Komunikasi Pembelajaran dan Budaya Belajar Antara Orang Tua dan Guru di Sekolah. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 3(1), 77–85. https://doi.org/10.23917/blbs.v3i1.14161
Muzaqi, A., Ratih, K., & Sutopo, A. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Bimbel pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(2), 70–77.
Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, dan Whatsapp Group dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Jurnal Aksara Public, 4(2), 155–165.
Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada masa Pandemi Covid-19. Jinotep (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran) Kajian, 7(2), 124–132. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p124
Octaviani, F. R., Murniasih, A. T., Kusuma, D., & Agustina, L. (2020). Apersepsi Berbasis Lingkungan Sekitar sebagai Pemusatan Fokus Pembelajaran Biologi Selama Pembelajaran Daring. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 8–17.
Prihastuti, L., Fitriyani, S., Romadhon, F. H., & ... (2021). Pembelajaran Kreatif Guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(1), 21–30. http://journals.alptkptm.org/index.php/jikm/article/view/3
Rachmah, S., & Huda, M. (2021). Realisasi Pembelajaran dalam Jaringan Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(3), 338–345.
Sutama, S., & Fajriani, I. N. (2021). Media Pembelajaran E-Learning berbasis WEB di Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Varidika, 33(2), 129–140. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i2.15330
Sutopo, A., Ariyatmi, S. Z., Tumiyem, T., Sofiana, I., Prayitno, H. J., Wijayanto, K., & Nisa, C. (2021). Penguatan Sektor Ekonomi dan Pendidikan Karakter Siswa pada Era Pandemi. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 175–183. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15656
Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) melalui Aplikasi berbasis Android Saat Pandemi. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1), 66–72.
Article Metrics
Abstract view(s): 492 time(s)PDF: 314 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.