Metode Saintifik Learning sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa SMK dalam Pembelajaran Daring
Anisa Setyani(1*), Rossiana Nur C(2), Sariatus Solikhah(3), Andi haris Prabawa(4)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ariyani, Irma Eka dkk. (2020). Implementasi Online Learning Model (OLM) sebagai Peningkatan Mutu Pembelajaran di Era New Normal. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 17-28.
Bire, Arylien Ludji dkk. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2), 168-171.
Fadhilaturrahmi. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 109-118.
Frianti, Riski Nurhana. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1): 6-11.
Ghozali, Imam. (2017). Pendekatan Scientific Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 4(1), 1-13.
Indriyanti, Effy Mulyasari dan Yahya Sudarya. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik untukMeningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, II(II), 13-25.
Khoeron, Ibnu. R dkk. (2014). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Produktif. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 291-297.
Muniasih, Ni Ketut. (2019). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Saintifik. Journal of education action Research, 3(2): 160- 166.
Nugroho, Mohammad Agil dkk. (2020). Pengaruh Minta Belajar Saswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(1): 42-46.
Nurhasanah, Siti dan A. Sobandi. (2016). Minat Belajar Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128- 135.
Rijal, Syamsu dan Suhaedir Bachtiar. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hail Belajar Kognitif Siswa”. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15-20.
Sari, Ariesta Kartika. (2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar Vak (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Jurnal Ilmiah Educatic, 1(1), 1-12.
Wahyuni, Yusri. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta”. JPPM, 10(2),128-13.
Afifudin, M. N., Abdul, M., Khoiruddin, L., & Hamid, M. A. (2020). Perbandingan Minat Siswa terhadap Mata Pelajaran Agama dengan Mata Pelajaran Umum di SMP Al Islam Kartasura. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(1), 20–24.
Amany, A. (2020). Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1–11.
Amini, A. D., Subekti, E., Reni, D., & Pertiwi, K.,. (2020). Implementasi Model Pendidikan Alternatif dalam Pembelajaran dengan Homeschooling. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1–7. http://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/13791
Asyhari, A. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 179–191. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91
Huda, M. (2018). Blended Learning : Improvisasi dalam Pembelajaran Menulis Pengalaman. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 8(2), 117–130. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/lensa.8.2.2018.117-130
Khamal, S. Y. B. (2020). Tantangan Pembelajaran Olahraga dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajara, 2(2), 28–35.
Marpaung, J. (2016). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa. Kopasta: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 2(2), 13–17. https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.302
Putri Ningrat, S., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140
Ratih, K., Prayitno, H. J., Prasetyo, W. H., Irmawati, I., & Safitri, A. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended di MII Subah pada Masa Pandemi Covid-19. Berdikari: Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 9(2), 151–160. https://doi.org/10.18196/berdikari.v9i2.11951
Sundayana, R. (2018). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262
Zainuddin, Z., Hermawan, H. D., Nuraini, F., Prayitno, S. M., & Probowasito, T. (2019). Flipping the classroom with a LMS: Designing a technologybased learning model. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(3), 309-317.
Article Metrics
Abstract view(s): 314 time(s)PDF: 329 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.