Pengembangan Filter Instagram Tebak Rukun Islam Menggunakan Aplikasi Spark AR Sebagai Media Interaktif Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar

Nurul Khoiriyah(1*), Arif Setiawan(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Filter merupakan   sebuah   fitur   yang   menyediakan   dan menggabungkan beberapa fitur-fitur tertentu yang dapat diakses oleh pengguna atau semua orang. Bentuk dari filter ini biasanya ditampilkan dalam bentuk kuis, foto, video, atau jenis-jenis lainnya. Adanya pembuatan filter yang berbentuk kuis atau tebak-tebakan ini guna untuk memperlancar proses belajar mengajar terhadap peserta didik. Dalam pembuatan filter tersebut biasanya hasil kuis tersebut di uji kepada peserta didik. Macam-macam filter memiliki beberapa macam fitur-fitur yang sangat berbeda-beda. Salah satunya yaitu kuis tebak rukun Islam. Sehingga filter adalah sebuah fitur yang disusun dan dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman serta dapat diakses dari manapun dan kapanpun dengan pengguna yang bisa dibatasi atau dengan tanpa batas (siapapun bisa mengakses). Kuis aplikasi rukun Islam yaitu soal-soal yang berbentuk kuis mengenai bab tentang rukun Islam. Dalam pembuatan kuis tebak rukun Islam berfungsi untuk mempermudah dalam pelajaran agama Islam pada bab rukun Islam.

Full Text:

PDF

References

Febrian M. Fajar, ST. 2014. Mobile Interactive Augmented Reality. Buku AR Online. Bandung

Martono, Kurniawan Teguh. 2011. Augmented Reality Sebagai Metafora Baru dalam Teknologi Interaksi Manusia dan Komputer. Jurnal Sistem Komputer, Vol.1, No.2

Media Komunikasi Visual yang Memuat Unsur Teks dan Gambar atau Ilustrasi yang Dipasang atau Ditempel pada Dinding”. (Pujiriyanto. 2005 : 16)

Meier, Reto. (2010). Professional Android 2 Application Development. London: Wrox.

Putra, I. K. A. M. (2020). Perancangan Filter Instagram Berbasis Augmented Reality dengan Face Mask Spark AR Pada Akun New Media College. Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, 6(3), 391-398.

Satria, B., & Prihandoko. (2018). Implementasi Metode Marker Based Tracking pada Aplikasi Bangun. Universitas AMIKOM Yogyakarta, 1-5.

Setyawan, Risyan Arief. 2016. Analisis Penggunaan Metode Marker Tracking pada Augmented reality Alat Musik Tradisional Jawa tengah. Jurnal Simetris, Vol.7, No.1, 1 April 2016.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumiharsono, R. dan Hasanah, H. 2018. Media Pembelajaran. Jember: CV Pustaka Abadi.

Susilana, R. dan Riyana, C. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Hasyim, A. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.

Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Soewadji, J. 2012. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Zulela, M. S. 2014. Pendekatan Konstektual dalam Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. Jakarta. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, Vol. 1 (1) hal 83-91.

Alfajri, M. F., Adhiazni, V. dan Aini, Q. 2019. Pemanfaatan Sosial Analytics pada Instagram dalam peningkatan Efektifitas Pemasaran. Jakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 8 (2) hal. 1-11.

Damayanti, R. 2018. Diksi dan Gaya Bahasa dalam Media Sosial Instagram. Surabaya. Jurnal Widyaloka Ikip Widya Darma, Vol. 5 (3) hal. 261-278.

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, Simarmata, J. 2020. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Huda, M. (2018). Blended Learning : Improvisasi dalam Pembelajaran Menulis Pengalaman. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya, 8(2), 117–130. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/lensa.8.2.2018.117-130

Nasucha, Y., Huda, M., Santoso, T., & Ihsanudin, M. (2015). Pembelajran Inovatif Bahasa Indonesia : Implementasi Strategi Pengembangan Paragraf Tanya Jawab Antar Siswa. Warta UMS, 18(2), 145–152.

Nurhidayat, Katoningsih, S., Utami, R. D., Maryana, W., Ishartono, N., Sidiq, Y., Irfadhila, D., & Siswanto, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Daring Materi IPA Siswa SD Kelas Rendah. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 83–90. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14832

Rachmah, S., & Huda, M. (2021). Realisasi Pembelajaran dalam Jaringan pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(3), 338–345.

Wismaningrum, Y. D. R. (2020). Dampak Tutorial Youtube Peer dalam Pembelajaran Siswa. Jurnal VARIDIKA, 31(2), 72–80. https://doi.org/10.23917/varidika.v31i2.10221

Article Metrics

Abstract view(s): 312 time(s)
PDF: 307 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.