Pengembangan Filter Instagram Tebak Rukun Islam Menggunakan Aplikasi Spark AR Sebagai Media Interaktif Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar
Nurul Khoiriyah(1*), Arif Setiawan(2)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Febrian M. Fajar, ST. 2014. Mobile Interactive Augmented Reality. Buku AR Online. Bandung
Martono, Kurniawan Teguh. 2011. Augmented Reality Sebagai Metafora Baru dalam Teknologi Interaksi Manusia dan Komputer. Jurnal Sistem Komputer, Vol.1, No.2
Media Komunikasi Visual yang Memuat Unsur Teks dan Gambar atau Ilustrasi yang Dipasang atau Ditempel pada Dinding”. (Pujiriyanto. 2005 : 16)
Meier, Reto. (2010). Professional Android 2 Application Development. London: Wrox.
Putra, I. K. A. M. (2020). Perancangan Filter Instagram Berbasis Augmented Reality dengan Face Mask Spark AR Pada Akun New Media College. Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, 6(3), 391-398.
Satria, B., & Prihandoko. (2018). Implementasi Metode Marker Based Tracking pada Aplikasi Bangun. Universitas AMIKOM Yogyakarta, 1-5.
Setyawan, Risyan Arief. 2016. Analisis Penggunaan Metode Marker Tracking pada Augmented reality Alat Musik Tradisional Jawa tengah. Jurnal Simetris, Vol.7, No.1, 1 April 2016.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sumiharsono, R. dan Hasanah, H. 2018. Media Pembelajaran. Jember: CV Pustaka Abadi.
Susilana, R. dan Riyana, C. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Hasyim, A. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.
Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Soewadji, J. 2012. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Zulela, M. S. 2014. Pendekatan Konstektual dalam Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. Jakarta. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, Vol. 1 (1) hal 83-91.
Alfajri, M. F., Adhiazni, V. dan Aini, Q. 2019. Pemanfaatan Sosial Analytics pada Instagram dalam peningkatan Efektifitas Pemasaran. Jakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 8 (2) hal. 1-11.
Damayanti, R. 2018. Diksi dan Gaya Bahasa dalam Media Sosial Instagram. Surabaya. Jurnal Widyaloka Ikip Widya Darma, Vol. 5 (3) hal. 261-278.
Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, Simarmata, J. 2020. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Huda, M. (2018). Blended Learning : Improvisasi dalam Pembelajaran Menulis Pengalaman. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya, 8(2), 117–130. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/lensa.8.2.2018.117-130
Nasucha, Y., Huda, M., Santoso, T., & Ihsanudin, M. (2015). Pembelajran Inovatif Bahasa Indonesia : Implementasi Strategi Pengembangan Paragraf Tanya Jawab Antar Siswa. Warta UMS, 18(2), 145–152.
Nurhidayat, Katoningsih, S., Utami, R. D., Maryana, W., Ishartono, N., Sidiq, Y., Irfadhila, D., & Siswanto, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Daring Materi IPA Siswa SD Kelas Rendah. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 83–90. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14832
Rachmah, S., & Huda, M. (2021). Realisasi Pembelajaran dalam Jaringan pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(3), 338–345.
Wismaningrum, Y. D. R. (2020). Dampak Tutorial Youtube Peer dalam Pembelajaran Siswa. Jurnal VARIDIKA, 31(2), 72–80. https://doi.org/10.23917/varidika.v31i2.10221
Article Metrics
Abstract view(s): 312 time(s)PDF: 307 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.