Implementasi Metode STAD dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar

Ririn Dewi Karmila(1*), Andi Haris Prabawa(2), Susiati Susiati(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Kemampuan membaca permulaan perserta didik tingkat sekolah dasar sagat mempengaruhi kemampuan membaca pada tingkat selajutnya. Meningat semakin rendahnya tingkat kemampuan melek huruf dampak dari sistem pembelajaran yang berubah-ubah dan dikarenakan kondisi yang mengalami perubahan, yang memaksa dunia pendidikan untuk dapat menyesuaikan dengan sistem dan kondisi tersebut. Perlu adanya terobosan dalam metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar peserta didik. Seiring dengan adanya program Kampus Mengajar Angkatan 2 di mana mahasiswa diterjunkan secara langsung untuk dapat menjadi tenaga pendidik di daerah yang terdepan, terpencil, dan tertinggal. Maka daripada itu peneliti melakukan implementasi penggunaan metode STAD pada peserta didik SD. Hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan metode kooperatif yaitu STAD mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik di SD Negeri 1 Sambirembe. Implementasi metode STAD mempu meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan meningkatkan kemampuan literasi maupun numerasi peserta didik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode STAD dinilai efektif meningkatkan kemampuan membaca peserta didik.

Full Text:

PDF

References

Afghani, D. R., Prayitno, H. J., Jayanti, E. D., Zsa-zsadilla, C. A., Salsabilla, T. A., Saputri, E. D., Septiyanti, N. D., & Siswanto, H. (2022). Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 143–152. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.19185

Agustina, L., Arffianto, A., Hasna, S., Indarwati, L., Putri, D. R., El-majid, E., Rahayu, K. S., Nurleli, D. Y., G, W. A. S., & Sholihah, I. (2019). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10771

Ayupradani, N. T., Sofiyana, L. N., Huda, M., Nasucha, Y., & Siswanto, H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Anggota Karang Taruna Tunas Harapan sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 169–174. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15696

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlisina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE: Elementary School Education Journal, 3(4), 93–103.

Huda, M. (2018). Blended Learning : Improvisasi dalam Pembelajaran Menulis Pengalaman. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya, 8(2), 117–130. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/lensa.8.2.2018.117-130

Kurniawan, K. R. A., Latif, N., Suparno, R. R., Oktaviani, A., Zharifa, A. F., & Aryanti, S. Z. (2019). Revitalisasi Rumah Pintar Laskar Pelangi di Gantung melalui Budaya Literasi Humanitas. Buletin KKN Pendidikan, 1(1), 10–17. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i1.9282

Lathifah, Z. K., & Utami, I. I. S. (2021). Bimbingan Teknis Aplikasi Portal Rumah Belajar pada Praktik Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Warta LPM, 24(2), 367–379. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.13529

Latifah, & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program CALISTUNG untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5021–5029.

Machromah, I. U., Mahendra, A., Dianingsih, F. R., Indriani, N., Agustina, D. R., Fatimah, S., Arifah, N. Z. M., Khusna, M. Al, Novianto, D., Nugroho, F. C., & Zainuddin, A. (2020). Perpustakaan Dinding sebagai Program Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatan Kemampuan Membaca Siswa MI Muhammadiyah Kuncen Cawas, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 100–104. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.10796

Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., Fauziati, E., Aisah, N., & Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14664

Matata, S. D., Syamsuddin, & Barasandji, S. (2014). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Uwedaka Kecamatan Pagimana Kabupaten Banggai. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(12).

Patriana, W. D., Wulandari, M. D., & Sutama. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Berorientasi Literasi Numerasi di Sekolah Dasar dalam Kegiatan Kurikuler dan Ekstrakurikuler. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 9(2), 116–131.

Pertiwi, I. N., Sumarno, & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. Mimbar PGSD Udiksha, 7(3), 261–270.

Rachmah, S., & Huda, M. (2021). Realisasi Pembelajaran dalam Jaringan pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(3), 338–345.

Rachman, B. A., Firdaus, F. S., Mufidah, N. L., Sadiyah, H., & Sari, I. N. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589

Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Huda, M., Muthali’in, A., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99–107. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.17822

Rohmah, R. D., Mustikawati, Huda, M., & Syaadah, H. (2022). Identifikasi Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i1.19422

Sahronih, S., & Pujiastuti, E. (2022). Pendampingan Blended Learning Berorientasi pada Kemampuan Literasi dan Numerasi Pasca Pandemi Covid-19 di SDN 2 Tanjungpura. Sorot: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32699/sorot.v1i1.2503

Sari, E. R., & Kurniaman, O. (2019). Penggunaan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 067 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(October), 125–138.

Sinaga, Y. K., Panjaitan, M. B., Simangunsong, R., Sidabutar, S., Purba, P., Sinaga, M. G., Damanik, Y., & Damanik, S. Y. (2022). Penerapan Pembelajaran Membaca, Menulis dan Berhitung (CALISTUNG) dan Literasi dalam Bimbingan Belajar Gratis di SDN 094135 Tigabolon. Indonesia Berdaya, 3(2), 225–232. https://doi.org/https://doi.org/10.47679/ib.2022206

Sunanda, A., Salma, I. A., Nugroho, Y. S., Aulia, K. M., Wilartono, R. Y., Farisa, D., Susilowati, E., Kusumaningrum, H., Puspitasari, N. H., & Imaduddin, Z. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 63–68. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.11842

Supriyati. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Menggunakan Metode Permainan Media Kartu Bergambar Siswa Kelas I di SD Gunungdani Pengasih. JRPI: Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(Februari), 270–279.

Article Metrics

Abstract view(s): 295 time(s)
PDF: 213 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.