Efektivitas Penggunaan Media Quipper dalam Pembelajaran Blended Learning untuk Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Menengah Pertama
Julia Larasati(1*), Hariyatmi Hariyatmi(2), Siti Rohmi(3), Novi Alya Fatharani(4), Kurnia Hannyda Umamy(5)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) SMPN 1 Bancak
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K.K., Bhardwaj, A., Goyal, R.C. and Varghese, C. (2016). An eLearning System for Agricultural Education. Indian Research Journal of Extension Education, 12(3), 132-135
Divayana, D. G. H., & Sanjaya, D. B. (2017). Mobile Phone-Based CIPP Evaluation Model in Evaluating the Use of Blended Learning at School in Bali. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 11(4), 149-159.
Dr. Rusman, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran berbasis Komputer. Bandung: CV. Alfabeta.
Empy Effendi, Hartono Zuang . (2005). E-learning Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Andi Yogyakarta
Fleck. J. (2012). Blended Learning and Learning Communities: Opportunities and Challenges", Journal of Management Development, 31(4), 398–411.
Hodhod, R., Ibrahim, M., Khafagy, M., & Abdel-Wahab, M.S. (2010). Issues of Choosing the Suitable Virtual Learning Environment. Research Journal of Information Technology, 2 (1), 24–29
Karmila, N. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quipper School terhadap Minat Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 10 Bulukumba. Makassar:Repository UIN Alauddin Makassar.
Rahmawati, R. Sudiyanto. Sumaryati, S. (2015). Keefektifan Penerapan E-Learning-Quipper School Pada Pembelajaran Akuntansi di SMA Negeri 2 Surakarta. Jurnal Tata Arta UNS, Volume (1). Pp.1-12. Diakses dari http://www.scientdirect.com
Salam, H., Setiawan, A., & Hamidah, I. (2010). Pembelajaran berbasis Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep pada Materi Listrik Dinamis. In Proceedings of the 4th international conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI (pp. 688-692).
Yuniarti, F., Dewi, P., & Susanti, R. (2012). Pengembangan virtual Laboratory sebagai Media Pembelajaran berbasis Komputer pada Materi Pembiakan Virus. Journal of Biology Education,
Huda, M. (2018a). Blended Learning : Improvisasi dalam Pembelajaran Menulis Pengalaman. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 8(2), 117–130. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/lensa.8.2.2018.117-130
Huda, M. (2018b). Strategi Berpikir Integratif dalam Pembelajaran Membaca Lintas Kurikulum di Sekolah Dasar. Jurnal Kredo, 1(2), 26–35. https://doi.org/ttps://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.1995
Lathifah, Z. K., & Utami, I. I. S. (2021). Bimbingan Teknis Aplikasi Portal Rumah Belajar pada Praktik Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Warta LPM, 24(2), 367–379. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.13529
Rachmah, S., & Huda, M. (2021). Realisasi Pembelajaran dalam Jaringan pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(3), 338–345.
Ratih, K., Prayitno, H. J., Prasetyo, W. H., Irmawati, I., & Safitri, A. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended di MII Subah pada Masa Pandemi Covid-19. Berdikari: Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 9(2), 151–160. https://doi.org/10.18196/berdikari.v9i2.11951
Sufanti, M., Nuryatin, A., Rokhman, F., & Waluyo, H. J. (2018). Blended Learning in Short Story Appreciation in High Schools of Surakarta-Indonesia. International Conference on Science and Education and Technology 2018 (ISET 2018) Blended, 247, 314–318. https://doi.org/10.2991/iset-18.2018.65
Article Metrics
Abstract view(s): 201 time(s)PDF: 157 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.