Efektivitas Penggunaan Media Quipper dalam Pembelajaran Blended Learning untuk Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Menengah Pertama

Julia Larasati(1*), Hariyatmi Hariyatmi(2), Siti Rohmi(3), Novi Alya Fatharani(4), Kurnia Hannyda Umamy(5)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) SMPN 1 Bancak
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas penggunaan media Quipper dalam blended learning untuk pembelajaran jarak jauh di masa pandemi yang dilaksanakan di SMPN 1 Bancak dan menyimpulkan hasil implementasi media Quipper tersebut selama blended learning. Artikel ini menggunakan metode penelitian deskripsi dengan pendekatan survei sehingga dapat mengetahui tingkatan efektivitas dari proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan media Quipper. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk memberikan informasi dan sebagai sumber referensi dalam mengetahui tingkat efektivitas penggunaan media Quipper dalam pembelajaran blended learning di SMPN 1 Bancak. Berdasarkan sampel sebanyak 130 hasil belajar yang diperoleh dan wawancara yang telah terlaksana, diperoleh hasil bahwa terdapat banyak peserta didik tidak antusias dalam mengerjakan post test. Hal tersebut dilihat dari sampel yang ada, diperoleh hanya 9% yang mampu mengerjakan dan menyelesaikan post test yang diberikan dari data keseluruhan peserta didik yang mengakses.

Full Text:

PDF

References

Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K.K., Bhardwaj, A., Goyal, R.C. and Varghese, C. (2016). An eLearning System for Agricultural Education. Indian Research Journal of Extension Education, 12(3), 132-135

Divayana, D. G. H., & Sanjaya, D. B. (2017). Mobile Phone-Based CIPP Evaluation Model in Evaluating the Use of Blended Learning at School in Bali. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 11(4), 149-159.

Dr. Rusman, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran berbasis Komputer. Bandung: CV. Alfabeta.

Empy Effendi, Hartono Zuang . (2005). E-learning Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Andi Yogyakarta

Fleck. J. (2012). Blended Learning and Learning Communities: Opportunities and Challenges", Journal of Management Development, 31(4), 398–411.

Hodhod, R., Ibrahim, M., Khafagy, M., & Abdel-Wahab, M.S. (2010). Issues of Choosing the Suitable Virtual Learning Environment. Research Journal of Information Technology, 2 (1), 24–29

Karmila, N. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quipper School terhadap Minat Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 10 Bulukumba. Makassar:Repository UIN Alauddin Makassar.

Rahmawati, R. Sudiyanto. Sumaryati, S. (2015). Keefektifan Penerapan E-Learning-Quipper School Pada Pembelajaran Akuntansi di SMA Negeri 2 Surakarta. Jurnal Tata Arta UNS, Volume (1). Pp.1-12. Diakses dari http://www.scientdirect.com

Salam, H., Setiawan, A., & Hamidah, I. (2010). Pembelajaran berbasis Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep pada Materi Listrik Dinamis. In Proceedings of the 4th international conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI (pp. 688-692).

Yuniarti, F., Dewi, P., & Susanti, R. (2012). Pengembangan virtual Laboratory sebagai Media Pembelajaran berbasis Komputer pada Materi Pembiakan Virus. Journal of Biology Education,

Huda, M. (2018a). Blended Learning : Improvisasi dalam Pembelajaran Menulis Pengalaman. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 8(2), 117–130. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/lensa.8.2.2018.117-130

Huda, M. (2018b). Strategi Berpikir Integratif dalam Pembelajaran Membaca Lintas Kurikulum di Sekolah Dasar. Jurnal Kredo, 1(2), 26–35. https://doi.org/ttps://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.1995

Lathifah, Z. K., & Utami, I. I. S. (2021). Bimbingan Teknis Aplikasi Portal Rumah Belajar pada Praktik Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Warta LPM, 24(2), 367–379. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.13529

Rachmah, S., & Huda, M. (2021). Realisasi Pembelajaran dalam Jaringan pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(3), 338–345.

Ratih, K., Prayitno, H. J., Prasetyo, W. H., Irmawati, I., & Safitri, A. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended di MII Subah pada Masa Pandemi Covid-19. Berdikari: Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 9(2), 151–160. https://doi.org/10.18196/berdikari.v9i2.11951

Sufanti, M., Nuryatin, A., Rokhman, F., & Waluyo, H. J. (2018). Blended Learning in Short Story Appreciation in High Schools of Surakarta-Indonesia. International Conference on Science and Education and Technology 2018 (ISET 2018) Blended, 247, 314–318. https://doi.org/10.2991/iset-18.2018.65

Article Metrics

Abstract view(s): 201 time(s)
PDF: 157 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.