Pengembangan Media Pembelajaran dalam Materi Faktorisasi Bentuk Aljabar melalui Pemanfaatan Aplikasi Instagram pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Zayyinatul Janani(1*), Adi Nur(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini mendorong pesatnya perkembangan teknologi informasi yang dapat digunakan untuk pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur dan mengetahui penerapan media tes matematika menggunakan aplikasi Instagram pada siswa kelas VII dalam kaitannya dengan mata pelajaran matematika tentang pemfaktoran bentuk aljabar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau dalam bahasa Inggris disebut research and development (R&D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yang diperoleh dari hasil lembar validasi dan evaluasi angket. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran dan masukan. Adapun tingkat kepraktisan yang diperoleh dari hasil angket, baik guru maupun siswa mendapat persentase kepraktisan 100% sehingga termasuk dalam kategori sangat praktis dan tidak perlu direvisi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengujian media tentang matematika dengan menggunakan aplikasi Instagram dapat dinyatakan layak dan praktis untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran matematika tentang faktor aljabar.

Full Text:

PDF

References

Harjono, N. (2012). Evaluasi Pembelajaran Siswa Aktif Mata Pelajaran Bahasa Indnesia Kelas 5 Sekolah Dasar. Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1):17-28.

Hasyim, A. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.

Hidayah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Husna, N., Sari, S. A., dan Halim, A. (2017). Pengembangan Media Puzzle Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(1), 6-71.

Iskandar, J. (2016). Etnobiologi dan Keragaman Budaya di Indonesia. Bandung. Indonesian Journal of Anthropology, 1(1), 27-42.

Kusumawardani. (2015). Hubungan Akses Media Sosial dengan Minat Baca, Intensitas Menonton Televisi dan Perilaku Konsumsi Siswa Muda di Paroki Boro. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Muhyidin, A. (2017). Evaluasi Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas Awal Sekolah Dasar. Serang. Jurnal Program Stusy PGMI, 4(2):. 190-200.

Muhyidin, A., Rosidin, O. dan Salpariansi, E. (2018). Metode Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Kelas Awal. JPSD, 4(1), 30-42.

Mulyasa. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyati, Y. (2014). Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan. Bandung: UPI

Riduwan. (2013). Dasar–Dasar Statistik. Bandung: CV Alfabeta.

Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Soewadji, J. (2012). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Nasucha, Y., Huda, M., Santoso, T., & Ihsanudin, M. (2015). Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia: Implementasi strategi Pengembangan Paragraf Tanya Jawab Antarsiswa. Warta UMS, 18(2), 145–152.

Purnomo, E., & Huda, M. (2022). Makna dalam Tuturan di Akun Instagram Jokowi: Pendekatan Behaviorisme. Widyaparwa, 50(2), 214–227. https://doi.org/10.26499/wdprw.v50i2.960

Rusnilawati, R., Hidayat, M. T., Hazima, A. A., Tadzkiroh, U., Kusuma, R. R., Putri, R. S., Nugroho, S., & Sujalwo, S. (2023). Pelatihan Flipped Learning dengan Pendekatan STEM di SD Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 108–122. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.21107

Sutama, S., Narimo, S., & Samino, S. (2017). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013 berbasis Lesson Study di SMP. Jurnal Varia Pendidikan, 28(2), 188–196. https://doi.org/10.23917/varidika.v28i2.3033

Sutama, Sofia, & Novitasari, M. (2019). Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal Matematika Berorientasi PISA dalam Konten Perubahan dan Hubungan pada Siswa SMP. Varia Pendidikan, 31(1), 1–7. http://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/8898/4794

Wahyuni, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Prediksi Soal-Soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika melalui Pendekatan Jigsaw pada Peserta Didik Kelas IX A SMP Negeri 4 Boyolali Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Varia Pendidikan, 26(2), 175–181. https://doi.org/10.23917/varidika.v26i2.687

Article Metrics

Abstract view(s): 373 time(s)
PDF: 234 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.