UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM KOTA SEMARANG
Cicik Harini(1*), Heru Sri Wulan(2), Feri Agustina(3)(1) Universitas Pandanaran
(2) Universitas Pandanaran
(3) Universitas Pandanaran
(*) Corresponding Author
Abstract
Munculnya virus corona pada tahun 2020 telah memporakporandakan perekonomian di Indonesia, membuat kekuatan UMKM di uji kembali. Penurunan omset di sektor non kuliner mencapai 30-35% akibat adanya pembatasan kegiatan yang membuat para pelaku usaha sulit melakukan penjualan secara tatap muka. Oleh karena itu pelaku UMKM harus mampu mengusai digital marketing. Penelitain ini bertujuan mengetahui bagaimana implementasi digital marketing melalui media sosial pada 30 UMKM di Kota Semarang, yang terpilih sebagai responden. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional, menggunakan data primer yang diperoleh berdasarkan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis kualitatif serta ditampilkan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian UMKM di Kota Semarang yang telah menggunakan digital marketing melalui media sosial sebagai sarana untuk memasarkan produknya, mengalami peningkatan volume penjualannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Awali, H. (2020) ‘Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19’, BALANCA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1), pp. 1–14. doi: 10.35905/balanca.v2i1.1342.
Chaffey, D. and Smith, P. (2017) Digital Marketing Excellence Planning, optimizing and Integrating Online Marketing. 5th edn. New York: Taylor & Francis.
Dann, Stephen and Dann, Susan (2011) E-Marketing: Theory and Application 2011th Edition. 2011th edi. Red Globe Press.
Febriyantoro, M. T. and Arisandi, D. (2018) ‘Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean’, JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), pp. 61–76. doi: 10.26533/jmd.v1i2.175.
Gumilang, R. R. (2019) ‘Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri’, Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), pp. 9–14. doi: 10.32670/coopetition.v10i1.25.
Harini, C. (2020) ‘Entrepeneurial Marketing for UMKM: a Literatur Review’, Jurnal Mantik, 4(3), pp. 2297–2302.
Harini, C. and Handayani, S. (2019) ‘Pemasaran Kewirausahaan Melalui E-Commerce Untuk Meningkatkan Kinerja Umkm’, Derivatif: Jurnal Manajemen, 13(2).
Harini, C. and Rohman, A. (2020) ‘Iptek Bagi Masyarakat dan Pengembangan Marketing Online Pada UMKM Kabupaten Semarang’, Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), pp. 701–706. Available at: https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/11846.
Lestari, P. and Saifuddin, M. (2020) ‘Implementasi Strategi Promosi Produk Dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid’19’, Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 3(2), pp. 23–31. doi: 10.15642/manova.v3i2.301.
Liang, T. P. and Turban, E. (2011) ‘Introduction to the special issue social commerce: A research framework for social commerce’, International Journal of Electronic Commerce. doi: 10.2753/JEC1086-4415160201.
Mahmudah, S. M. and Rahayu, M. (2020) ‘Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan’, Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), pp. 1–9. doi: 10.33366/jkn.v2i1.39.
Pradiani, T. (2018) ‘Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan’, Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(2), pp. 46–53. doi: 10.32812/jibeka.v11i2.45.
Purwana, D., Rahmi, R. and Aditya, S. (2017) ‘Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit’, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), pp. 1–17. doi: 10.21009/jpmm.001.1.01.
Saifuddin, M. (2014) ‘DENGAN MEMANFAATKAN APLIKASI PEMASARAN BERBASIS ANDROID ( Studi kasus pada unit bisnis kidpreneuer di Yayasan AL MADINA Surabaya ) (online)’, Jurnal Bisnis & Teknologi Politeknik NSC Surabaya, pp. 16–20. Available at: https://nscpolteksby.ac.id/ejournal/index.php/jbt/article/download/180/152/404 (diakses 25 April 2021).
Sucihati, R. N. and Aprilindia, R. E. (2019) ‘Analisis Perilaku Konsumtif Melalui Belanja Online Pada Mahasiswa Program S1 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Samawa’, 16(1).
Turban, E. et al. (2015) Electronic Commerce: A Managerial and Social Networks Perspective. Springer.
Article Metrics
Abstract view(s): 1725 time(s)PDF: 2168 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.