KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DAN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN GIZI PASIEN DIET DIABETES MELLITUS
Silvia Anggrianni(1*), Iwan Setiadi Adji(2), Amin Mustofa(3), M. Farid Wajdi(4)(1) Program Studi Magister Manajemen, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Program Studi Magister Manajemen, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Program Studi Magister Manajemen, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Program Studi Magister Manajemen, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
kesehatan terhadap kepuasan pasien diabetes mellitus. 2) kepatuhan ketepatan jadwal
makan terhadap kepuasan pasien diabetes mellitus. 3) kepatuhan jenis makanan terhadap
kepuasan pasien diabetes mellitus. Data yang digunakan adalah data primer yang
diperoleh dari jawaban 100 orang responden dengan metode accidental sampling. Alat
analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian instrumen
menyimpulkan bahwa semua variabel valid dan reliabel sebagai alat pengumpul data.
Dari hasil analisis data didapatkan bahwa: 1) Ada pengaruh kinerja tenaga kesehatan
terhadap kepuasan pasien diabetes mellitus. 2) Tidak ada pengaruh kepatuhan ketepatan
jadwal makan terhadap kepuasan pasien diabetes mellitus. 3) Tidak ada pengaruh
kepatuhan jenis makanan terhadap kepuasan pasien diabetes mellitus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Almatsier, Sunita. (2007). Penuntun Diet. Jakarta: PT Gramedia Utama.
Azis, M. dkk. (2012). Hubungan Tenaga Medik, Rumah Sakit, Dan Pasien. Jakarta: Badan
Pembinaan Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.
Departemen Kesehatan RI. (2005). Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit. Jakarta.
Direktorat Bina Pelayanan Medik Dasar Direktorat Jendral Bina Pelayanan Medik. (2007).
Pedoman Penyelenggaraan Makanan Rumah Sakit. Jakarta: DEPKES RI.
Farida. Thinni. (2015). Kepatuhan Pasien Rawat Inap Diet Diabetes Mellitus Berdasarkan
Kepatuhan NIVEN. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia. RSUD dr. Mohamad
Soewandhie Surabaya.
Ghosh. (2014). Measuring patient satisfaction An empirical study in India. Leadership in
Health Services. Vol (27): No. 3.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program. Semarang: Badan
Penerbit Universitas Diponegoro.
Hafid, Anwar. (2014). Hubungan Kinerja Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna
YANKESTIS Dalam Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan, RSUD Syech Yusuf
Kab. Gowa.
Hawthorne. et al. (2014). Measuring Patient Satisfaction with Health Care Treatment Using
The Short Assesment Of Patient Satisfaction Measure Delivered Superior and Robust
Satisfaction Estimates. Journal of Clinical Epidemiology.
Herlambang Susatyo. (2016). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta:
Gosyen Publishing.
Herlena. Widiyaningsih. (2013). Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Penderita Diabetes
Mellitus Dengan Kepatuhan Diet Diabetes Mellitus. Timur. Jurnal Keperawatan Medikal
Bedah. RSUD AM Parikesit Kalimantan
Husna dkk. (2014). Hubungan Pengetahuan Dengan Kepatuhan Pasien Diabetes Mellitus
Dalam Menjalani Terapi. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala. RSUD Dr. Zainoel Abidin
Banda Aceh.
Insiyah. Rini. (2015). Tingkat Kepatuhan Dan Pengetahuan Tentang Diet Diabetes Mellitus
Pada Pasien Diabetes Mellitus Di Puskesmas Sibela Kota Surakarta. Jurnal Terpadu
Ilmu Kesehatan.
Kotler & Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: INDEKS.
Mangkunegara, Anwar P. (2000). Kinerja. Http://id.wikipedia.org/wiki/URL. Diakses pada
tanggal 29 Desember 2016.
Messina. et al. (2012). Patients’ evaluation of hospital foodservice quality in Italy: what do
patients really value. Public Health Nutrition.
Notoatmodjo, Soekidjo. (2002). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rhineka Cipta.
Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rhineka Cipta.
Notoatmodjo. Soekidjo. (2010). Etika dan Hukum Kesehatan. Jakarta: Rhineka Cipta
Perkeni. (2011). Konsensus Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Mellitus tipe 2 di Indonesia.
Jakarta.
Pohan, Imbalo S. (2013). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Prayugo. Dkk. (2012). Pola Diet Tepat Jumlah, Jadwal, dan Jenis Terhadap Kadar Gula Darah
Pasien Diabetes Mellitus Tipe II. Jurnal STIKES, Rumah Sakit Baptis Kediri.
Risnasari, Norma. (2014). Hubungan Tingkat Kepatuhan Diet Pasien Diabetes Mellitus Dengan
Munculnya Komplikasi. Jurnal Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Senarath, et al. (2013). Patient satisfaction with nursing care and related hospital services at the
National Hospital of Sri Lanka. Leadership in Health Services. Vol (26): No. 1.
Semedi, Pujo. Dkk. (2013). Hubungan kepuasan pelayanan makanan rumah sakit dan asupan
makanan dengan perubahan status gizi pasien. Jurnal Gizi Indonesia, RSUD Sunan
Kalijaga Kabupaten Demak.
Siregar, Syofian. (2010). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada.
Sujarweni, Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian.Yogyakarta: Pustaka baru press.
Tsudian, (2011). Hubungan Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan. Jurnal
Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit Cut Mutia Kabupaten Aceh Utara.
Supriyanto. (2010). Konsep Kepatuhan. http://dr-suparyanto.blogspot.co.id/2010/10/konsep-
kepatuhan-1.html. Diakses pada tanggal 27 Januari 2017
Yousapronpaiboon, Khanchitpol. (2003). Measuring hospital out-patient
service quality in Thailand. Jurnal Leadership in Health Services.
Vol (26): No. 4.
Article Metrics
Abstract view(s): 2954 time(s)PDF: 5761 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.