PENGARUH KOMPETENSI KERJA, KEPUASAN KERJA DAN KOMUNIKASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PT CENTRAL PROTEINA PRIMA, TBK MEDAN

Elvira Elvira(1), Hery Hery(2), Januardin Januardin(3*)

(1) UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
(2) UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
(3) UNIVERISTAS PRIMA INDONESIA
(*) Corresponding Author

Abstract

PT Central Proteina Prima, Tbk Medan merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang industry pakan ternak ikan dan udang. Penurunan prestasi kerja karyawan yang disebabkan oleh kompetensi kerja, kepuasan kerja dan komunikasi. Dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif, dan sifat penelitian ini adalah deskriptif eksplanatory. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Populasi berjumlah 230 karyawan dan sampel penelitian berjumlah 146 karyawan. Hasil perhitungan pengujian hipotesis secara parsial diperoleh nilai thitung > ttabel atau 2,434 > 1,977 dan signifikan yang diperoleh 0,016 < 0,05, nilai thitung > ttabel atau 3,312 > 1,977 dan signifikan yang diperoleh 0,001 < 0,05, nilai thitung > ttabel atau 3,400  > 1,977 dan signifikan yang diperoleh 0,001 < 0,05 bahwa secara parsial kompetensi, kepuasan kerja dan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan pada PT Central Proteina Prima, Tbk Medan (Pakan Ternak). Hasil pengujian diperoleh nilai F hitung (12,085) > F tabel (2,67) dan probabilitas signifikansi 0,000 < 0,05 bahwa secara simultan kompetensi, kepuasan kerja dan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan pada PT Central Proteina Prima, Tbk Medan (Pakan Ternak). Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,187 hal ini berarti 18,7% dari prestasi kerja yang dapat dijelaskan oleh variasi variabel bebas yaitu bebas kompetensi, kepuasan dan komunikasi sedangkan sisanya sebesar 81,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Keywords

Kompetensi;Kepuasan Kerja;Komunikasi;Prestasi Kerja

Full Text:

PDF

References

Abidin, Yusuf. 2015. Manajemen Komunikasi : Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung : Pustaka Setia.

Ariani. 2013. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Prestasi kerja Karyawan (Studi pada PT Inti Luhur Fuja Abadi (ILUFA) Pasuruan. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 1, No 1.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Edison, Emron, Yohny Anwar dan Imas Komariyah. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta.

Hasibuan, S P Malayu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Mangkunegara, Prabu Anwar A A. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nurjaman, Kadar. 2014.Manajemen Personalia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Priansa, Juni Donni. 2016. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta.

Robbins, Stephen dan Mary Coulter. 2013. Manajemen. Edisi Kesepuluh. Jakarta : Erlangga.

Sedarmayanti. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia : Reformasi Birokrasi, dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sopiah. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Statistik untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna V. 2014. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

_______. 2015. Metodologi Penelitian – Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Sunyoto. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Supriyadi. 2017. Pengaruh Kompetensi dan Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Studi pada : PT Daya Adicipta Wisesa). Jurnal.

Sutrisno, H. Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media Group.

Thoha, Miftah. 2013. Perilaku Organisasi Konsep dan Aplikasinya. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Utomo. 2016. Pengaruh Komunikasi, Motivasi dan Kemmapuan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan di PT Gapura Angkasa Cabang Semarang. Jurnal Visi Manajemen, Vol 1 No 3.

Wibowo. 2014. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Zulganef. 2013. Metode Penelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Article Metrics

Abstract view(s): 794 time(s)
PDF: 806 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.