Use of Manipulative Media as A Stimulation Of Ability To Understand The Concept of Early Children's Age
Agustina Nur Palupi(1*)(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Astuti, Meirita. (2017). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Kartu Bergambar Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Permata Hati Koto Baru Kuantan Singingi. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(1), 1-15
Hawa, Anni Malihatul dan Lisa Virdinarti putra (2018). PISA untuk siswa indonesia. Janacitta, 1(01), 1-8
Izzaturrohmaniyah, dkk. (2019). Penerapan Permainan Memancing Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok A Raudhatul Athfal Al Amin Bonangan Pakis Malang. Dewantara, 1(2), 57-64
Joni. (2016). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Berhitung dengan Permainan Dadu TK Mutiara Pekanbaru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1-10
Masyuni, Ni Made Putri. dkk. (2017). Pengaruh Metode Bermain Berbantuan Mediamanipulatif Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok B. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 65-7
Musdyarty, Dessy. dkk. (2017). Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan Melalui Media Stik Es Krim Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun Di Paud Epta Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1-12
Novita, Wiwi. dkk. (2018). Pengaruh Penggunaan Puzzle Jam Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Terpadu Harapan Negeri Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 5, 1-15
Pradana, Pascalian Hadi. (2016). Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Tambusai, 2(2), 18-25
Riyati & Rachma Hasibuan. (2018). Pengaruh Permainan Congklak Berkartu Bilangan terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan dan Konsep Banyak dan Sedikit pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 1(1), 1-9
Rizki, Lidya Dita. dkk. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Antara Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Manipulatif Dengan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 1(1), 47-53
Rosmalina, Putu. dkk. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Manipulatif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Pedagogi, 7(9), 1-12
Sari, Nurmala. dkk. (2017). Pengaruh Permainan Kereta Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Lestari Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(1), 2-12
Seefeldt, Carol & Wasik, Barbara A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. (pp. 129). PT Indeks. Jakarta.
Subagio, Ayu Dia Purnamasari dan Rachma Hasibuan. (2018). Pengaruh Media Kelereng Wadah Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 10-20 Di Tk Karya Bhakti Kecamatan Tandes Kota Surabaya. PAUD Teratai, 7(2), 1-5
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. (pp. 52). PT. Remaja Rosdakarya : Bandung.
Syafitri, Ockti. dkk. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1 – 10 Melalui Permainan Pohon Hitung pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(3), 193-205.
Utami, Rachmawati Putri dan Sri Setyowati. (2018). Pengaruh Bermain Playdough Merah Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok A Tk Aratisari Surabaya. PAUD Teratai, 7(3), 1-7
Winarsih dan Mas'udah. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Melalui Media Biji-bijian Pada Kelompok A Di Tk Darul Hikmah 2 Karangan Bareng Jombang. PAUD Teratai, 7(1), 1-6
Zulfah, Ummu, dkk. (2018). Penerapan Model Inquiry Berbantuan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Sd. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 42-50
Liggett, Robert Scott. (2017). The Impact of Use of Manipulatives on the Math Scores of Grade 2 Students. Brock Education: A Journal of Educational Research, 26(2), 87-101
Manches, Andrew dan Claire O'Malley. (2016). The Effects of Physical Manipulatives on Children's Numerical Strategies. Cognition and Instruction, 34, 27-50
Uribe-Flórez, Lida J. dan Jesse L. M. Wilkins. (2017). Manipulative Use and Elementary School Students’ Mathematics Learning. International Journal of Science and Mathematics Education, 15, 1541–1557
Carbonneau, Kira J. dan Scott C. Marley. (2015). Instructional Guidance and Realism of Manipulatives Influence Preschool Children’s Mathematichs Learning. The Journal of Experimental Education, 83, 495-513
Kablan, Zeynel. (2014). The effect of manipulatives on mathematics achievement across different learning styles. Educational Psychology : An International Journal of Experimental Educational Psychology, 36, 277-296
Article Metrics
Abstract view(s): 871 time(s)PDF: 895 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.