Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Seni Pada PAUD

Trias Nugraheni(1*), Joko Pamungkas(2)

(1) PPs PAUD, Universitas Negeri Yogyakarta
(2) PPs PAUD, Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Seni adalah sebuah proses penyaluran diri melalui ekpresi dan kreativitas. Seni bagi anak usia dini merupakan media untuk mengetahui dan memahami dunia sekelilingnya. Saat ini, para ilmuwan dan pendidik sepakat bahwa seni harus dimasukkan sebagai bagian dari kurikulum sejak tahap awal perkembangan anak. Pendidikan seni itu sendiri penting karena seni merupakan bagian integral dari warisan budaya masyarakat, karenanya penting bagi pengembangan manusia. Inisiatif penelitian dalam dekade terakhir telah menghubungkan partisipasi seni dengan pertumbuhan kognitif dan keterampilan akademik, termasuk penguatan memori jangka panjang dan kemampuan membaca, keterampilan berpikir kreatif, dan kefasihan menulis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Literature Review. Literature Review adalah metode sistematis, eksplisit, dan dapat direproduksi untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mensintesis hasil dari pekerjaan yang diselesaikan dan oleh peneliti, akademisi maupun praktisi. Hasil dari Literature Review ini menunjukkan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini diperkuat oleh teori-teori yang mengedepankan sifat pembelajaran yang berpondasi pada bermain. Literatur yang diulas dalam artikel ini menjelaskan pentingnya pengalaman seni anak usia dini sebagai sarana untuk memberikan kesempatan yang ideal untuk meningkatkan pembelajaran dan perkembangan anak-anak. Seniman dan pendidik anak usia dini juga diposisikan untuk memberikan dampak positif pada keterampilan seni yang berdampak pada optimalisasi perkembangan anak.

Keywords

seni; pendidikan anak usia dini; pembelajaran

Full Text:

PDF

References

Asihanang, A. J. (2019). Kegiatan Pembelajaran Seni Rupa untuk Kreativitas Anak Kelompok B di TK Tadika Puri Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Jember.

Assegaf, L. A. (2018). Pendidikan Seni Rupa dan Implikasinya terhadap Imajinasi Kreatif dan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Mekarraharja. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1).

Astuti, E. F. (2019). Pengaruh Seni Tari Kreasi Baru terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Tk Aisyiyah Jono Purworejo Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Charleroy, A., Frederiksen, J. A. G., Jensen, A., McKenna, S., & Thomas, A. (2012). Child Development and Arts Education: A review of Current Research and Best Practices. The College Board.

Direktorat PAUD Kemdikbud. (2020). Bermain Seni Kriya. Jakarta : Kemdikbud.

Dowling, S. (2015). The Arts In and Out of School: Educational Policy, Provision and Practice in Ireland Today. International Electronic Journal of Elementary Education (Vol. 8, Issue 2). www.iejee.com

Eki, M. (2015). Meningkatkan Sosial Emosional Anak Melalui Seni Tari Kreasi di kelompok B Pada TK Negeri Pembina Sipatana Kota Gorontalo. UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO.

Fink, A. (2010). Conducting Research Literature Reviews. New York : SAGE Publications. ISBN: 1412971896, 9781412971898.

Gadsden, V. L. (2008). The Arts and Education: Knowledge Generation, Pedagogy, and the Discourse of Learning. Review of Research in Education, 32(1), 29–61. https://doi.org/10.3102/0091732X07309691

Garvis, S., & Twigg, D. (2010). Exploring Art in Early Childhood Education. The International Journal of the Arts in Society: Annual Review, 5(2), 193–204. https://doi.org/10.18848/1833-1866/CGP/v05i02/35830

Grafwallner, D. R., & Ruppert, S. (2013). Creative Connections: Young Children and the Arts. Maryland State Department of Education.

Gronlund, G. (2015). Individualizing Curriculum in Preschool and Kindergarten: Finding Delight in Each Child. Http://Www.Isacs.Org/Uploads/File/%231%20Individualzing%20Handouts.Pdf

Hadiah. (2021). Implementasi Ekstrakurikuler Seni Musik Drumband terhadap Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B di Tk Islam Nurul Ibadah Banjarmasin Timur. UIN Antasari Banjarmasin.

J.L. Siesling. (2015). Art is More. Libro.

Khoiriyah, W. K. (2021). Mengembangkan Kreativitas Anak melalui Seni Membatik pada Kelompok B di Tk Bintang Sakti. UIN Raden Intan Lampung.

Kindler, A. M. (2010). Art and art in Early Childhood: What Can Young Children Learn from “a/Art activities?” The 2nd International Art in Early Childhood Conference.

Lau, F., & Kuziemsky, C. (2017). Handbook of eHealth Evaluation: An Evidence-based Approach [Internet]. University of Victoria.

Lisa Astiti, M., Marijono, M., & Tri Indrianti, D. (2016). Pengaruh Pembelajaran Seni Tari Gandrung terhadap Perkembangan Motorik Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Kartini Banyuwangi Tahun 2015/2016. Jurnal Edukasi, 3(1), 24. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i1.4316

Mayasari, D. (2012). Meningkatkan Kecerdasan Spasial Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Seni Tari : Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok A di Paud Kelompok Bermain (Kober) Nurul Hikmah Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung Tahun Ajaran 2012-2013. Universitas Penidikan Indonesia.

Melissa M. Menzer. (2015). The Arts in Early Childhood: Social and Emotional Benefits of Arts Participation. National Endowment for the Arts.

Noerarini, N. R. (2018). Kemampuan Guru PAUD dalam Memilih dan Mengorganisasikan Materi Pembelajaran Seni Tari Di TK Negeri Pembina 02 Kota Malang. Universitas Negeri Malang.

Ponelienė, R. (2018). Preschool-age children’s education by art: problems and possibilities. Problemy Wczesnej Edukacji, 42(3). https://doi.org/10.26881/pwe.2018.42.14

Setiawan, A. (2017). Problematika Pembelajaran Seni Tari Di TK Candra Kirana Surabaya. Jurnal Pedagogi.

Sudjono, E. T. K., & Kusumastuti, E. (2017). Proses Pembelajaran Gerak dan Lagu yang Kreatif berdasarkan Kurikulum 2013 di TK Miryam Semarang. JURNAL SENI TARI, 6(2).

Sydney University Library Study Smart, W. (2017). Library Study Smart Literature review purpose. http://services.unimelb.edu.au/academicskills/all_resources/writing-resources

Ulfah, J. (2020). Seni Tari sebagai Cara Memperbaiki Suasana Hati Anak di KB & TK Indriyasana. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 33–43. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.7222

Ustadiyah. (2017). Pengaruh Seni Tari Terhadap Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 1 Medan T.A 2017/2018. JURNAL BUNGA RAMPAI USIA EMAS.

Wahidah. (2020). Implementasi Seni Musik Perkusi dalam Mengembangkan Rasa Percaya Diri (Self Confidence) Anak Kelompok B di Paud Terpadu Ar-Rahman Banjarmasin. UIN Antasari.

Winner, E., Goldstein, T. R., & Vincent-Lancrin, S. (2013). Art for Art’s Sake? OECD. https://doi.org/10.1787/9789264180789-en

Wulandari, R. (2020). Pengembangan Sikap dan Perilaku Anak Paud melalui Pendidikan Seni. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi

Wulandari, R. T. (2017). Pembelajaran Olah Gerak dan Tari sebagai Sarana Ekspresi dan Apresiasi Seni Bagi Anak Usia Dini. Universitas Negeri Malang.

Yulia, N. K. T. (2018). Muatan nilai karakter Pancasila dalam pembelajaran seni tari tradisional di Tamak Kanak-kanak studi kasus di TK Aisyiyah Bustanul Athal Fajar Harapan Gondanglegi. Universitas Negeri Malang.

Zahwa. Alfy Kholidah, & Reza, M. (2018). Pengaruh Seni Kolase terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 7(3).

Article Metrics

Abstract view(s): 2459 time(s)
PDF: 2920 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.