Pembelajaran Jarak Jauh dengan Metode Daring: Tantangan Guru Taman Kanak-kanak

Yora Harlistyarintica(1*), Irna Anjarsari(2), Atika Zahra Furi(3)

(1) Universitas Ivet
(2) Universitas Ivet
(3) Universitas Ivet
(*) Corresponding Author

Abstract

Metode daring sebagai langkah inisiatif  penerapan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19, namun guru TK masih menghadapi beragam tantangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan berbagai tantangan yang dihadapi guru TK selama menerapkan pembelajaran daring. Metode deskriptif-kualitatif. digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara semi terstruktur. Enam guru dari tiga TK di Kota Yogyakarta sebagai informan dalam penelitian ini yang diseleksi menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian membuktikan bahwa perencanaan pembelajaran menjadi lebih banyak karena guru harus membuat video berdurasi singkat untuk menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan anak di rumah dan guru perlu membagi jadwal pembelajaran daring setiap minggu. Pelaksanaan pembelajaran sering kali tidak tepat waktu, orang tua tidak bisa menemani anak mengikuti pembelajaran daring, dan keterbatasan sarana pembelajaran daring. Evaluasi pembelajaran belum optimal karena pembelajaran daring hanya dilaksanakan seminggu sekali dan masih ada orang tua yang tidak bisa mengirimkan bukti pembelajaran anak di rumah melalui bentuk video. Strategi dalam mengatasi tantangan yang dihadapi dengan cara selalu membangun komunikasi yang positif dan bekerja sama dengan orang tua, memotivasi anak, dan mengunjungi rumah anak.

Keywords

pembelajaran jarak jauh; metode daring; covid-19; tantangan guru; anak usia dini

Full Text:

PDF

References

Ardiansyah, A., Setiawan, E., & Budiya, B. (2021). Moving home learning program (MHLP) as an adaptive learning strategy in emergency remote teaching during the covid-19 pandemic. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 1–21. https://doi.org/10.21009/jpud.151.01

Hapsari, S. M., Sugito, & Fauziah, P. Y. (2020). Parent’s involvement in early childhood education during the covid-19. Jurnal Pendidikan Progresif, 10(2), 298–311. https://doi.org/10.23960/jpp.v10.i2.202014

Harahap, S. A., Dimyati, & Purwanta, E. (2021). Problematika pembelajaran daring dan luring anak usia dini bagi guru dan orang tua di masa pandemi covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Harlistyarintica, Y. (2019). Pelaksanaan pembelajaran sentra balok pada anak usia 5-6 tahun di TK masjid syuhada yogyakarta. E Journal Mahasiswa PG PAUD, 8(3), 207–217. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/view/15070

Insani, A., Yufiarti, & Yetti, E. (2021). Parental involvement and mothers’ employment on children’s independence during covid-19 pandemics. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 22–40. https://doi.org/10.21009/jpud.151.02

Levitt, M. R., Grolnick, W. S., Caruso, A. J., & Lerner, R. E. (2020). Internally and externally controlling parenting: relations with children’s symptomatology and adjustment. Journal of Child and Family Studies, 29(11), 3044–3058. https://doi.org/10.1007/s10826-020-01797-z

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis a methods sourcebook (3rd ed.). Sage Publications, Inc.

Muhdi, Nurkolis, & Yuliejantiningsih, Y. (2020). The implementation of online learning in early childhood education during the covid-19 pandemic. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 247–261. https://doi.org/10.21009/jpud.142.04

Mumtazah, D., & Sutama. (2021). Program home visit: penguatan perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini di era new normal. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(1), 37–46. https://doi.org/10.14421/jga.2021.61-04

Nirmala, B., & Annuar, H. (2020). Home visit: strategi PAUD dari rumah bagi guru di daerah 3T pada masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1052–1062. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.716

Nurdin, & Anhusadar, L. O. (2021). Efektivitas pembelajaran online pendidik PAUD di tengah pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686–697. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Pek, L. S., & Mee, R. W. M. (2020). Parental involvement on child’s education at home during school lockdown. JHSS: Journal of Humanities and Social Studies, 4(2), 192–196. https://doi.org/10.33751/jhss.v4i2.2502

Pudyastuti, A. T., & Budiningsih, C. A. (2020). Efektivitas pembelajaran e-learning pada guru PAUD selama pandemic covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1667–1675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.873

Putra, A. Y. (2020). Strategi pembelajaran motorik kasar pada anak usia dini era pandemi covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(4), 159–166. https://doi.org/10.14421/jga.2020.54-03

Sari, K. M., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900–912. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478

Suhendro, E. (2020). Strategi pembelajaran pendidikan anak usia dini di masa pandemi covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05

Wahyuni, H., Harlistyarintica, Y., & Widiyawanti. (2017). Implementasi pendekatan saintifik melalui jari kreasi sampah bocah cilik di kawasan pantai parangtritis yogyakarta. Proceeding Biology Education Conference, 14, 218–223. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/index

Widiastuti, Y. K. W., Rasmani, U. E. E., & Wahyuningsih, S. (2020). Mengkaji penerapan e-learning pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1240–1247. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.752

Article Metrics

Abstract view(s): 323 time(s)
PDF: 297 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.