Game Edukasi Pengenalan Alat Transportasi untuk Anak Tunagrahita

Hanafi Abdul Aziz(1*), Fatah Yasin Al Irsyadi(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang penting. Terlebih untuk anak berkebutuhan khusus, dimana harus memerlukan cara penyampaian materi yang berbeda dari anak yang normal. Game edukasi dapat menjadi salah satu solusi untuk mempermudah penyampaian materi. Khususnya untuk pembelajaran pengenalan alat transportasi. Sebelumnya proses penyampaian materi tentang alat transportasi ini disampaikan hanya menggunakan buku. Cara tersebut membuat siswa cepat jenuh dan kurang tertarik dalam hal mempelajari materi ini sehingga materi susah diterima. Dengan alasan tersebut maka diperlukan media pembelajaran yang menarik berbentuk game edukasi. Melalui game edukasi ini diharapkan dapat mempermudah pemahaman siswa tunagrahita terhadap alat transportasi. Terlebih lagi game edukasi ini memiliki tampilan dan suara yang lebih menarik bagi siswa dibandingkan dengan penyampaian menggunakan buku bergambar yang cepat membuat jenuh dan penyampaian materi yang dilakukan berulang-ulang. Game ini dibuat menggunakan Construct 2 yang merupakan aplikasi utama dan menggunakan metode yang melalui beberapa tahapan yaitu analisis kebutuhan berupa observasi dan wawancara, pengumpulan data dan pengujian. Pembuatan game ini bertujuan untuk mempermudah pemahaman materi untuk siswa dengan metode pembelajaran yang lebih menarik. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini yaitu game dapat diterima dengan baik oleh pengguna dan memiliki kualitas yang baik sehingga dapat membantu proses pembelajaran dengan lebih interaktif dan menyenangkan.

Keywords

Alat transportasi; Anak Berkebutuhan Khusus; Construct 2; Game edukasi; SLB; Tunagrahita

Full Text:

PDF

References

Candra, H. A., & Wahyuno, E. (2018). Permainan Teka-Teki Silang Bergambar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ortopedagogia, 2(1), 51-53.

Charoensuk, K., & Sarasa, S. (2020, March). Media sage in learning management to develop thai classical dance skills for grade 5 students, demonstration school, suan sunandha rajabhat university, bangkok, thailand. in International Academic Multidisciplinary Research Conference in Lucerne 2020 (pp. 246-249).

Ebrahimi, S. S. (2020). Environmental Sciences Students’ Achievements via Conventional and Technology-Based Instructions. Journal of Environmental Treatment Techniques, 8(1), 437-441.

Hardiyanti, F. P., & Azizah, N. (2019). Multimedia of Educational Game for Disability Intellectual Learning Process: A Systematic Review. https://doi.org/10.2991/icsie18.2019.66

Irsyadi, F. Y. Al, Annas, R., & Kurniawan, Y. I. (2019). Game Edukasi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pengenalan Benda-Benda di Rumah bagi Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi dan Informasi, 9(2), 78-92.

Irsyadi, F. Y. Al, Supriyadi, & Kurniawan, Y. I. (2019). Interactive Educational Animal Identification Game for Primary Schoolchildren with Intellectual Disability. 8(1), 63–67.

Ishak, R., & Manshor, M. (2020). The Relationship between Knowledge Management and Organizational Learning with Academic Staff Readiness for Education 4.0. Eurasian Journal of Educational Research, 20(85), 169-184.

Mawsally, D. A., & Sudarmilah, E. (2019). A Virtual-Reality Edu-Game: Save The Environment from the Dangers of Pollution. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 5(2), 140-145.

Mulyana, Y. (2020). Peran Sumber Daya Manusia (SDM)/Generasi Muda Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0. PRISMAKOM, 16(1), 36-46.

Nuqisari, R., & Sudarmilah, E. (2019). Pembuatan Game Edukasi Tata Surya Dengan Construct 2 Berbasis Android. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 19(2), 86-92.

Putri, C. N. T., Irsyadi, F. Y. Al (2018). Game Edukasi Pengenalan Alat Transportasi Berbasis Multimedia Untuk Anak Usia Dini 4-6 Tahun. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(3), 313-322.

Setyawan, F. H., & Susanto, S. (2019). Developing Educational Game as Language Acquisition Media for Young Learners. JET ADI BUANA, 4(2), 192-199.

Yong, S. T., Gates, P., & Harrison, I. (2016). Digital games and learning mathematics: Student, teacher and parent perspectives. International Journal of Serious Games, 3(4), 55–68.

Y. Li, D. Wei, J. Chen, S. Cao, H. Zhou, Y. Zhu, J. Wu, L. Lan, W. Sun, T. Qian, K. Ma, H. Xu, and Y. Zheng. Efficient and effective training of covid-19 classification networks with self-supervised dual-track learning to rank. IEEE Journal of Biomedical and Health Informatics, 24(10):2787–2797, 2020.

Q. Liu, C. K. Leung, and P. Hu. A two-dimensional sparse matrix profile densenet for covid-19 diagnosis using chest ct images. IEEE Access, 8:213718–213728, 2020.

R. F. Sear, N. Vel´asquez, R. Leahy, N. J. Restrepo, S. E. Oud, N. Gabriel, Y. Lupu, and N. F. Johnson. Quantifying covid-19 content in the online health opinion war using machine learning. IEEE Access, 8:91886–91893, 2020.

X. Ouyang, J. Huo, L. Xia, F. Shan, J. Liu, Z. Mo, F. Yan, Z. Ding, Q. Yang, B. Song, F. Shi, H. Yuan, Y. Wei, X. Cao, Y. Gao, D. Wu, Q. Wang, and D. Shen. Dual-sampling attention network for diagnosis of covid-19 from community acquired pneumonia. IEEE Transactions on Medical Imaging, 39(8):2595–2605, 2020.

M. Kusban, A. Susanto, and O. Wahyunggoro. Feature extraction for palmprint recognition using kernel-pca with modification in gabor parameters. In 2016 1st International Conference on Biomedical Engineering (IBIOMED), pages 1–6, 2016.

A. A. R. Alsaeedy and E. K. P. Chong. Detecting regions at risk for spreading covid-19 using existing cellular wireless network functionalities. IEEE Open Journal of Engineering in Medicine and Biology, 1:187–189, 2020.

Article Metrics

Abstract view(s): 1421 time(s)
PDF: 743 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.