Sistem Informasi Pengelolaan Service Toko Komputer berbasis QR Code

Agung Septyanto Putra(1*), Heru Supriyono(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Semakin banyaknya toko servis komputer, membuat masing-masing pemilik usaha servis komputer berusaha meningkatkan layanan kepada pelangganya. Semakin banyaknya pelanggan pada sebuah tempat servis komputer penggunaan telepon dan sms menjadi kurang cepat dan efektif memberikan status terbaru barang pelanggan. Diharapkan dengan adanya sistem informasi pengelolaan servis komputer berbasis web, dapat membantu untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada tempat servis tersebut. Menggunakan metode waterfall dalam pembuatan, sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman HTML,CSS dan PHP 7.1. Sistem informasi ini dapat mencetak Quick Response Code (QRCODE) yang terdapat dalam nota, sehingga untuk update informasi pelanggan bisa melakukan pemindaian langsung. Berdasarkan pengujian pelaku usaha servis komputer menyadari sistem dapat meningkatkan pelayanan, semua fungsi sistem bekerja dengan baik berdasarkan pengujian blackbox, sistem informasi yang mudah dipahami dan digunakanlah yang dapat menarik pelauku usaha servis komputer untuk menggunkan sistem informasi berbasis web.

Keywords

Komputer; Servis; PHP; QR CODE; Blackbox

Full Text:

PDF

References

I.T.Asare, and D. Asare (2015).”The Effective Use of Quick Response (QR) Code as a Marketing Tool”.International Journal of Education and Social Scince, vol. 2, No.12,pp 67-73.

I.Binanto (2014), “Analisa Metode Classic Life Cycyle (Waterfall) Untuk Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia”. Confrence: Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SeNasti) 2014 At Makassar, ISBN: 23550536X, pp. 67-73.

B.Khumar, N.Sharma, and N.Yadav (2014). “Educational Application of QR (Quick Response) Code”. International Journal of Advanced Research in Computer Science & Technology (IJARCST), e-ISSN : 2347–8446, pp.373-375.

Rajeeva.KR, & BM.Sagar (2014). “Quick Response code for Fast Detection and Recognition Information”. International Journal of Emerging Techmlogy and Advanced Engineering, ISSN: 2250-2459, vol.4,no,2,pp.271-275

R.S.Pressman (2012). “Rekayasa Perangkat Lunak – Buku Satu, Pendekatan Praktisi (Edisi 7)”, Penerbit Andi, Yogyakarta.

J.Simamarta (2006), “Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi”, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

H.Supriyono, N.A.Saputro, and R.A.Prasetya, (2016). “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Presensi Berbasis SMS Gateway (Studi Kasus : SMP Muhammadiyah 1 Kartasura)”. The 3rd University Research Coloquim 2016. ISSN : 2407-9189.

T.Sutabri (2013). “Analisis Sistem Informasi”, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

A.L.Yudanto, H.Tolle, and A.H.Brata, 2017. “Rancang Bangun Apliksi Sistem Informasi Manajemen Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya”, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, e-ISSN: 2548-964X, vol.1, no.8, pp.628-634.

Article Metrics

Abstract view(s): 1250 time(s)
PDF: 5968 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.