Hubungan Promosi Susu Formula dan ASI Eksklusif

Rusmala Dewi(1*),

(1) Program Studi DIII Keperawatan, STIKES Panca Bhakti, Lampung
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/bik.v14i1.13187

Abstract

Air susu ibu (ASI) eksklusif merupakan salah satu rekomendasi WHO dan UNICEF dalam pemberian makanan untuk bayi dan anak. ASI eksklusif yaitu pemberian ASI saja pada bayi sampai usia enam bulan tanpa makanan ataupun minuman tambahan lainnya kecuali atas indikasi medis. Pengganti air susu ibu yang diberikan atas indikasi medis untuk usia 0-6 bulan disebut dengan susu formula. Promosi susu formula telah diatur dalam Permenkes nomor 39 tahun 2013. Tujuan penulisan ini yaitu untuk mengetahui adanya hubungan promosi susu formula dan ASI ekslusif. Metode penulisan adalah kajian literatur yang membandingkan beberapa literatur melalui penelusuran google scholar dalam kurun waktu 2011-2020. Hasil review dari 9 artikel terpilih bahwa terdapat hubungan  antara promosi susu formula dan pemberian ASI eksklusif. Diharapkan agar Produsen atau distributor dari susu formula untuk mengikuti ketentuan promosi susu formula yang telah diatur dalam Permenkes nomor 39 tahun 2013.

Full Text:

PDF

References

Agustina, A., Hamisah, I., & Mutia, Y. (2020). Hubungan promosi susu formula, produksi ASI dan psikologis ibu dengan pemberian ASI Eksklusif. Jurnal SAGO Gizi dan Kesehatan, 1(2), 159-164. http://www.ejournal.poltekkesaceh.ac.id/index.php/gikes/article/view/409/0

Dewi, A.S., Gustiawarni, A., Wahyuni, R.S. (2019). Hubungan Peran Petugas Kesehatan dan Promosi Susu Formula Terhadap Pemberian ASI Eksklusif Pada Ibu Menyusui di Wilayah Kerja Puskesmas Harapan Raya Kota Pekan Baru 2018. Photon: Jurnal Sain dan Kesehatan, 9 (2). 65-74. http://www.ejurnal.umri.ac.id/index.php/photon/article/view/1097

Hansen, V.K., Hong,P.L.T., Thanh,N,T., Sigrun,H., Ojoijuanfo, R.L,dkk. (2017). Media Audit Reveals in appropriate promotion of products under the scope of the International Code Of Marketing Of Breast-milk Substituties in South-East Asia. Public Health Nutrition. 20 (8). 1333-1342. https://www.proquest.com/docview/1964193176/DF38COFF94834447PQ/14

Kemenkes. (2018). Menyusui Sebagai Dasar Kehidupan. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. https://www.kemkes.go.id/article/view/19011500003/menyusui-sebagai-dasar-kehidupan.html

Kemenkes. (2018). Riset Kesehatan Dasar 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Hasil-riskesdas-2018_1274.pdf

Kotler,P., & Keller,K.L. 2009. Manajemen Pemasaran.. Edisi 13. Jakarta: Erlangga

Listyaningrum, T.U., & Vidayanti, V. (2016).Tingkat Pengetahuan dan Motivasi Ibu berhubungan deng Pemberian ASI Eksklusif Pada Ibu Bekerja. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia. Vol 4 (2). 55-62. http://dx.doi.org/10.21927/jnki.2016.4(2).55-62

Netty, N., Qariati, N. I., & Rabiathul, S. (2019). Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Iklan Susu Formula dengan Pemberian ASI Ekslusif di Wilayah Puskesmas Rawat Inap Cempaka Kota Banjarbaru. Jurnal Kesehatan Indonesia, 9(2), 91-98. http://journal.stikeshb.ac.id/index.php/jurkessia/article/view/177

Nuraini,T., Julia, M., Dasuki,D. (2013). Sampel Susu Formula dan Praktik Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. 7 (12), 551-556. https://journal.fkm.ui.ac.id/kesmas/article/view/329/328

Hudayah,N., Meilani,N., & Ona,W. (2019). Determinan Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Kotabengke. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia. Vol.6 (3). 103-108).

PP No.33 (2012). Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif. https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2012/33TAHUN2012PPPenjel.htm

Permenkes No.39 (2013). Susu Formula Bayi dan Produk Bayi Lainnya.https://kesmas.kemkes.go.id/perpu/konten/permenkes/pmk-nomor-39-tahun-2013-susu-formula-bayi-dan-produk-bayi-lainnya-114

Peraturan Pemerintah Nomor 69. (1999). Label dan Iklan Pangan.http://pphtp.tanamanpangan.pertanian.go.id/assets/front/uploads/document/PP%20No.%2069%20Tahun%201999%20Tentang%20Label%20&%20Iklan%20Pangan.pdf

Rahmawati, N., & Arti,A. (2011). Hubungan Ketertarikan Iklan Susu Formula Dengan Pemberian ASI Eksklusif di Posyandu Desa Kemudo Prambanan Klaten. Jurnal Involusi Kebidanan, 1(1). 61-72. http://jurnal.stikesmukla.ac.id/index.php/involusi/article/view/18

Riyanti, Nurlaila, Astutiningrum,D. (2018). Pengaruh Edukasi Breastfeeding Ibu Postpartum Terhadap Breastfeeding Self Efficacy. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan. Vol 14 (3). 96-104. http://www.ejournal.stikesmuhgombong.ac.id/JIKK/article/view/350/196

Rosmayanti.,L.M. (2019). Larangan Bidan Mempromosikan Susu Formula Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2012 Tentang Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif Dihubungkan Dengan Asas Kepastian Hukum. Jurnal Ilmiah Kesehatan Iqra. 7 (2), 71-78. https://stikesmu-sidrap.e-journal.id/JIKI/article/view/155/121

Sabati, M. R., & Nuryanto, N. (2015). Peran Petugas Kesehatan Terhadap Keberhasilan Pemberian ASI Eksklusif. Journal of Nutrition College, 4(4), 526-533. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jnc/article/view/10158

Siregar, R. D., Asriwati, A., & Sibero, J. T. (2020). Kemajuan Teknologi Dalam Masyarakat, Promosi Susu Formula, Gaya Hidup, Dan Dukungan Tenaga Kesehatan Mempengaruhi Pemberian Susu Formula Pada Bayi Usia 0-6 Bulan. Window of Health: Jurnal Kesehatan, 317-325. DOI: https://doi.org/10.33368/woh.v0i0.369

Sukamto., Bruh,R.H., Adi,M.S. (2015). Tawaran Langsung Yang dilakukan Bidan Berpengaruh Terhadap Pemberian Susu Formula Kepada Bayi Baru Lahir. Jurnal Pena Medika. 5 (1), 110-117. https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/medika/article/view/352/332

UU No 36. (2009). Kesehatan. https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/2009/36tahun2009uu.htm

WHO. (2018). World Breasfeeding Week 2018. https://www.who.int/news-room/commentaries/detail/world-breastfeeding-week-2018

WHO. (2020). Infant and Young Child Feeding. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/infant-and-young-child-feeding

Wijayanti,I.T., & Hastuti,P. (2016) Karakteristik Bidan Dalam Pemberian Susu Formula Pada Bayi Baru Lahir di Kabupaten Pati. Prosiding University Research Coloquium.3. 229-233. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/6758

Wijaya,C.(2017). Pelarangan Iklan Susu Formula Didukung. https://sains.kompas.com/read/2017/01/13/140000023/pelarangan.iklan.susu.formula.didukung?page=all

Yumni, F.L., & Wahhyuni,C.T. (2018). Hubungan Promosi Iklan Susu Formula Dengan Pemberian ASI Eksklusif di Desa Pandanarum, Kecamatan Pacet, kabupaten Mojokerto. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah. 3 (2). 95-100. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/1779

Zakirman,D. (2018). Hubungan Pengetahuan Tentang Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2012 dengan Sikap Bidan Mengenai Pemberian Susu Formula Pada Bayi Usia 0-6 bulan di BPM Wilayah Kota Cimahi. Prosiding PIN-LITAMAS, 1 (1). 507-515. file:///C:/Users/MICRO/Downloads/422-Article%20Text-1152-1-10-20200115%20(1).pdf

Article Metrics

Abstract view(s): 1708 time(s)
PDF: 981 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.