Faktor Kepatuhan Perawat Dalam Penerapan Surgical Safety Checklist di Instalasi Bedah Sentral

Rahmah Dyla Risanti(1*), Ery Purwanti(2), Eka Novyriyana(3),

(1) 
(2) STIKES Muhammadiyah Gombong
(3) Program Studi DIII Keperawatan STikes Muhammadiyah Gombong
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/bik.v14i2.14268

Abstract

Abstrak: Latar Belakang; Angka terjadinya kasus kecelakaan di kamar bedah sangat tinggi, karena dalam pelaksanaannya tidak memperhatikan pasien, dan prosedur operasi. Hal ini dapat dicegah dengan diterapkannya Surgical Safety Checklist, dimana tim bedah harus patuh melaksanakan setiap poin di dalam checklist sehingga dapat meminimalkan setiap risiko yang tidak diinginkan.

Tujuan Penelitian; Untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kepatuhan perawat terhadap penerapan Surgical Safety Checklist di Instalasi Bedah Sentral RSUD KRT. Setjonegoro Wonosobo.

Metode; Penelitian ini menggunakan jenis analitik korelatif dengan pendekatan cross- sectional. Sampel 24 orang dengan teknik total sampling.

Analisis :Penelitian ini menggunakan analisis Chi-square untuk analisis bivariat.

HasilTerdapat hubungan yang signifikan (nilai p <0,05) antara usia (nilai X2 = 7,726 dan nilai p = 0,005), pendidikan (nilai X2 = 4,800 dan nilai p = 0,028), masa kerja (nilai X2 = 6,507 dan nilai p = 0,039), motivasi (nilai X2 = 16,471 dan nilai p = 0,000), sikap (nilai X2 = 10,526 dan nilai p = 0,005), dan pengetahuan (nilai X2 = 7,313 dan nilai p = 0,026) dengan kepatuhan perawat dalam penerapan Surgical Safety Checklist. Sedangkan tidak ada hubungan yang signifikan antara jenis kelamin dengan kepatuhan perawat dalam penerapan Surgical Safety Checklist, nilai X2 = 0,059 dan nilai p = 0,808 (p>0,05).

Kesimpulan; Ada hubungan antara usia, pendidikan, masa kerja, motivasi, sikap, dan pengetahuan dengan kepatuhan perawat terhadap penerapan Surgical Safety Checklist di Instalasi Bedah Sentral RSUD KRT. Setjonegoro Wonosobo, serta tidak ada hubungan antara jenis kelamin dengan kepatuhan perawat terhadap penerapan Surgical Safety Checklist di Instalasi Bedah Sentral RSUD KRT. Setjonegoro Wonosobo.

Rekomendasi; Perawat diharapkan lebih meningkatkan kepatuhan akan penerapan Surgical Safety Checklist karena sangat berpengaruh dalam keselamatan pasien di kamar operasi.

Kata kunci:  Kepatuhan, Surgical Safety Checklist, Instalasi Bedah Sentral

Keywords

kepatuhan; surgical safety checklist; instalasi bedah sentral

Full Text:

PDF

References

Adib, A. (2009). Materi Seminar Nasional Keperawatan dengan tema Sistem Pelayanan Keperawatan dan Manajemen Rumah Sakit untuk Mewujudkan Patient Safety. Yogyakarta: UGM.

Anugrahini, C. (2010). Hubungan Faktor Individu dan Organisasi dengan Kepatuhan Perawat dalam Menerapkan Pedoman Patient Safety di RSAB Harapan Kita Jakarta. Universitas Indonesia.

Arif, & Kumala. (2009). Asuhan Keperawatan Perioperatif. Jakarta: Salemba Medika.

Awliyawati, F. D. (2015). Hubungan Karakteristik Perawat Dengan Kepatuhan Dalam Menerapkan Pedoman Patient Safety di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin.

Hasri, ET. (2012). Praktik Keselamatan Pasien Bedah di RSUD X. Yokyakarta, Universitas Gadjah Mada.

Latosinsky, S., Thirlby, R., & Urbach, D. (2010). Use of a Surgical Safety Checklist to Reduce Morbidity and Mortality. Canadian Journal of Surgery, 53.

Murdyastuti. (2010). Pengaruh Persepsi Tentang Profesionalisme, Pengetahuan Patient Safety, dan Motivasi Perawat Terhadap Pelaksanaan Program Patient Safety di Ruang Rawat Inap RSU Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Surakarta.

Nepogodiev, D., Martin, J., Biccard, B., Makupe, A., & Bhangu, A. (2016). Deaths Within 30 Days of Surgery in Low, Middle, and High Income Countries.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Robbins, S., & Judge, T. A. (2015). Perilaku Organisasi (16 ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Setiyajati, A. (2014). Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Perawat Terhadap Penerapan Standar Keselamatan Pasien di Instalasi Perawatan Intensif RSUD DR Moewardi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sukasih S, Suharyanto T. (2012) Analisis Faktor-Faktor yang Berkontribusi terhadap Pasien Safety di Kamar Operasi Rumah Sakit Premier Bintaro. J Health Qual.

Syamsuriati. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Perawat Dalam Penatalaksanaan Prosedur Keselamatan Pasien di Kamar perasi RS DR Wahidin Sudirohusodo Makassar. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Trisna, E. (2016). Hubungan Persepsi Tim Bedah dengan Kepatuhan Penerapan Surgical Patient Safety pada Pasien Operasi Bedah di Ruang Operasi RSUD Mayjend HM. Ryacudu. 342 Jurnal Kesehatan, VII,

WHO. (2009). WHO Guidelines for Safe Surgery. Geneva: World Health Organization.

Article Metrics

Abstract view(s): 2042 time(s)
PDF: 1515 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.