Evaluasi Pengendalian Waktu dan Produktivitas Tenaga Kerja Pelaksanaan Proyek Pembangunan Gedung Parkir Menggunakan Metode Jaringan Kerja Critical Path Methode (CPM) (Studi Kasus : Gedung Parkir Balai Kota Semarang)

Muhammad Nur Sahid(1*), Gotot Slamet Mulyono(2), Aziz Singgih Jati Nuryanto(3), Jaji Abdurrosyid(4)

(1) Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Seiring dengan peningkatan pertumbuhan penduduk dan perkembangan dalam dunia konstruksi membawa sebuah dampak dalam sistem perekonomian dan di berbagai sektor. Kemajuan teknologi membuat proyek berkembang dan beraneka ragam sesuai dengan kemajuan jaman. Hal ini memerlukan teknik  perencanaan yang sistematis, efisien dan efektif dalam pengelolaan pelaksanaan pembangunan bidang manajemen proyek agar tercapai hasil yang optimum. Tujuan Penelitian ini  untuk melakukan evaluasi pelaksanaan pembangunan proyek gedung parkir balai kota Semarang sudah sesuai rencana atau belum, ditinjau dari waktu serta penjadwalan ulang kegiatan dengan menggunakan metode CPM (Critical Path Methode).  Pengendalian waktu kerja digunakan dengan pedoman   sisa waktu yang ada   dengan  cara mempercepat (crashing) untuk mencari waktu paling optimum  pada  pekerjan tersebut. Waktu kritis  pada lintasan yang ada gambar CPM.. Waktu kritis  dan lintasan yang dipilih pada gambar  CPM adalah  kegiatan kritis  pekerjaan pondasi, pekerjaan bata & plesteran, pekerjaan plafon, pekerjaan pasang lantai, pekerjaan kusen, pekerjaan sanitasi, pekerjaan mekanikal elektrikal   pekerjaan cat.. Selanjutnya dilakukan beberapa percobaan  percepatan sampai didapat waktu optimum menjadi 45 hari dan efisiensi biaya sebesar  Rp. 5.647.916, dari total nilai kontrak sebesar Rp 8.240.175.437.

Full Text:

PDF

References

Dimyati, Hamdan and Kadar Nurjaman, 2016. Managemen Proyek, Pustaka Setia Bandung.

Nurhayati, (2010). Managemen Proyek, Graha Ilmu : Yogyakarta.

Nur Sahid, Muhammad, (2017). Managemen Kontruksi, Surakarta.

Rani, H. A. (2016). Manajemen Proyek Kontruksi, Banda Aceh.

Santoso, Budi, (2003). Manajemen Proyek Konsep & Implementasi, Graha Ilmu : Yogyakarta

Siregar Adde Currie, 2017. "“Evaluasi Waktu dan Biaya Pelaksanaan Proyek Dengan Critical Path Method (CPM). (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Gedung Ruang Bersalin Dan Pembangunan Instalasi Bedah Sentral RSUD Ambarawa)”.

Widiasanti, Irika and Lenggogeni, (2013). Manajemen Konstruksi, Remaja Rosdakarya : Bandung.

Widjaya, Iwan. K. (2017). Manajemen Proyek Teknologi Informasi, Graha Ilmu : Yogyakarta

Article Metrics

Abstract view(s): 763 time(s)
PDF: 614 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.