PENGGUNAAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARRATIF MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI (PICTURE SERIES)

Sri Widayanti(1*)

(1) Guru Madrasah Aliyah Negeri Wonogiri
(*) Corresponding Author

Abstract

Teknik atau metode pembelajaran sangatlah banyak, antara lain
ceramah, diskusi, demonstrasi, laboratorium, tanya jawab, dan lain–lain.
Metode ceramah dan diskusi banyak digunakan dalam proses pembelajaran
bahasa Inggris. Dengan metode ini siswa dianggap sebagai penerima
pesan yang siap diisi namun tidak memberikan kesempatan pada mereka
untuk berkarya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah
Penggunaan pendekatan Scientific dapat meningkatkan kemampuan menulis
teks narratif melalui media gambar berseri (picture series) bagi siswa kelas
X IIS 2 Madrasah Aliyah Negeri Wonogiri Tahun Pelajaran 2014/2015.
Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru lain serta dengan
kepala sekolah. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai dari
awal sampai penelitian berakhir. Peneliti berusaha melihat, mengamati,
merasakan, menghayati, merefleksi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran
yang berlangsung. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari
perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan
refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka
data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus
mean atau rata-rata. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa nilai rata-rata
pada siklus mengalami peningkatan yang signifikan. Prosentase jumlah siswa
yang memenuhi aspek kemampuan bertanya pada siklus I 44,7% dan untuk
siklus II 63,1%. Prosentase jumlah siswa yang memenuhi aspek inisiatif/
kreatif untuk siklus I 31,5%, pada siklus II 42,1%. Prosentase jumlah siswa
yang memenuhi aspek rasa ingin tahu untuk siklus I 26,3%, pada siklus II
36,8%. Peningkatan jumlah siswa yang memenuhi aspek-aspek tersebut, dari
siklus I ke siklus II disebabkan adanya pola pikir mereka untuk membangun
pengetahuan mereka sendiri. Mengacu pada hipotesis tindakan yang
diajukan dalam penelitian tindakan kelas ini maka dapat disimpulkan bahwa
penggunaan pendekatan Scientific dapat meningkatkan kemampuan menulis
teks narratif melalui media gambar berseri (picture series) bagi siswa kelas X
IIS 2 Madrasah Aliyah Negeri Wonogiri Tahun Pelajaran 2014/2015.

Kata Kunci : pendekatan scientific, teks naratif, gambar berseri

Full Text:

PDF

References

Hakim, L. 1996. Metodologi Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.

Handayanto, S. 2001. Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Malang: UM.

Moleong, L.J. 2000. Metodologi Penelitian Kualiatif. Bandung: PT. Remaja Roskarya.

Prayitno, E. 1989. Motivasi dalam Belajar. DEPDIKBUD: Jakarta.

Purwanto, M.N. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Roskadkarya.

Sardiman. 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Panduan Bagi Guru dan Siswa. Jakarta: Rajawali.

Semiawan, Conny dkk. 1990. Pendekatan Keterampilan Proses: Bagaimana mengaktifkan siswa dalam belajar. Jakarta: Gramedia.

Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Winkel, W.S. 1998. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Gramedia.

Wiriatmaja Prof. Dr. Rochiati, 2006, Metode Penelitian Tindakan Kelas, P.T. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Article Metrics

Abstract view(s): 326 time(s)
PDF: 751 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.