ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PENULISAN CERITA FABEL OLEH SISWA KELAS VIII E DI SMP 2 MUHAMMADIYAH SURAKARTA
Agustina Putri Reistanti(1*)(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini mengenai kesalahan berbahasa pada pembuatan karangan cerita fabel oleh siswa kelas VIII E SMP 2 Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini memiliki empat tujuan. (1) Mengidentifikasi tipe-tipe kesalahan pada karangan cerita fabel dibuat oleh siswa kelas VIII E SMP 2 Muhammadiyah Surakarta, (2) Mendeskripsikan frekuensi tipe kesalahan pada karangan cerita fabel dibuat oleh siswa kelas VIII E SMP 2 Muhammadiyah Surakarta, (3) Memaparkan kesalahan yang paling dominan dalam menulis cerita fabel oleh siswa kelas VIII E SMP 2 Muhammadiyah Surakarta, dan (4) Memaparkan sumber kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh siswa kelas VIII E SMP 2 Muhammadiyah Surakarta. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kalimat yang mengandung kesalahan berbahasa yang dikumpulkan dari karangan cerita fabel yang dibuat oleh siswa. Penelitian inimenggunakananalisiskesalahansebagaikerangkametodologis.Berdasarkan penelitian terlihat bahwa kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh siswa kelas VIII E SMP Muhammadiyah 2 Surakarta dalam pembuatan karangan cerita fabel terdapat 57 kesalahan. Hasil penelitian ini penulis menemukan dari 57 data, ada tiga tipe kesalahan. Kesalahan berbahasa tersebut meliputi kesalahan bidang fonologi 33,33%, kesalahan bidang morfologi 14,03%, dan kesalahan bidang sintaksis 52,63%. Tipe kesalahan yang paling dominan adalah kesalahan sintaksis terdapat 30 kesalahan atau 52,63% dari kesalahan. Peneliti juga menemukan 2 dominan sumber kesalahan berbahasa yaitu transfer interlingual dan transfer intralingual.
Kata Kunci: kesalahan berbahasa, cerita fabel, tipe kesalahan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Fauziati, Endang. (2009). Readings On Applied Linguistics: A Handbook for Language
Teacher and Teacher Researcher.Surakarta: Era Pustaka
Markhamah; Atiqa Sabardila. (2011).Analisis Kesalahan & Karekteristik Bentuk Pasif.
Solo:Jagat Abjad.
Tarigan, Henri Guntur.(1990). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta:Duta Wacana
University Perss
Article Metrics
Abstract view(s): 3719 time(s)PDF (Bahasa Indonesia): 6617 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.