Peran Festival Satisfaction sebagai variabel pemediasi pada pengaruh Festival Quality dan Positive Emotion terhadap Festival Loyalty para pengunjung Jazz Traffic Festival di kota Surabaya

Fithrotul Aulia(1*), Yessy Artanti(2)

(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract

Abstrak - Industri festival musik mengalami perkembangan sejak tahun 2010 hingga kini ditandai dengan banyaknya festival musik yang mulai bermunculan secara rutin dilaksanakan setiap tahunnya atau hanya untuk seremonial tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh festival quality dan positive emotion terhadap festival loyalty dengan festival satifaction sebagai variabel mediasi pada pengunjung Jazz Traffic Festival di Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan 200 responden dengan teknik non-probability sampling dan metode yang digunakan adalah judgemental sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisi jalur (path analysis). Hasil penelitian menemukan bahwa festival quality dan positive emotion berpengaruh positif signifikan terhadap festival loyalty dan festival satisfaction terbukti sebagai varibel mediasi. Hasil penelitian ini menyarankan pihak penyelenggara Jazz Traffic Festival atau promotor festival musik lainnya untuk memperhatikan kualitas layanan festival dan emosi pengunjung yang terbentuk ketika mengunjungi suatu festival musik untuk meningkatkan kepuasan sehingga berdampak pada loyalitas terhadap festival tersebut.

Keywords

Festival quality; positive emotion; festival satisfaction; festival loyalty.

Full Text:

PDF

References

Anil, N. K. (2012). Festival visitors’ satisfaction and loyalty: An example of small, local, and municipality organized festival. Tourism, 60(3), 255–271.

Bekraf. (2019). Ekonomi Kreatif outlook 2019. Badan Ekonomi Kreatif, 23–24.

Gaffar, V. (2007). Customer Relationship Management and Marketing Public Relation. Bandung: Alfabeta.

Griffin, J. (2005). Customer Loyalty. Jakarta: Erlangga.

Irawan, H. (2002). 10 prinsip kepuasan pelanggan. Jakarta: Elex Media.

Jan Drengner, Steffen Jahn, H. G. (2010). Events and Loyalty Formation: The Role of Satisfaction, Felt Community, Emotional Experience, and Frequency of Use.

Kotler, Philip Keller, K. (2009). manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lee, J., & Kyle, G. T. (2013). The measurement of emotions elicited within festival contexts: A psychometric test of a festival consumption emotions (FCE) scale. Tourism Analysis, 18(6), 635–649.

Lee, J. S., Lee, C. K., & Choi, Y. (2011). Examining the role of emotional and functional values in festival evaluation. Journal of Travel Research, 50(6), 685–696.

Lee, Y. K., Lee, C. K., Lee, S. K., & Babin, B. J. (2008). Festivalscapes and patrons’ emotions, satisfaction, and loyalty. Journal of Business Research, 61(1), 56–64.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Malik, F. M. (2019). 7 festival musik tahunan di Jawa Timur. Retrieved from https://www.idntimes.com/hype/entertainment/faiz-molla-malik-1/7-festival-musik-di-jawa-timur-yang-digelar-tahun-2019. Diakses pada 5 Maret 2020.

Marknesis. (2009). Pemasaran Strategi, Taktik & Kasus. Edisi Pertama. Bogor: Penerbit Jelajah Nusa.

Maturbong, Y. Musik Jazz, Sejarah dan Perkembangannya. Retrieved from https://www.kompasiana.com/yustusmaturbongs/musik-jazz-sejarah-dan-perkembangannya. Diakses pada 18 Maret 2020.

Özdemir, G., & Çulha, O. (2009). Satisfaction and loyalty of festival visitors. Anatolia, 20(2), 359–373.

Pesona, R. (2019). Festival musik tahunan terbaik di Indonesia. Retrieved from https;//www.pesona.travel/inspirasi/2404/15-festival-musik-tahunan-terbaik-di-indonesia. Diakses pada 5 Maret 2020.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (2013). 10.2307@1251430.Pdf. 49(4), 41–50.

Son, S. M., & Lee, K. M. (2011). Assessing the influences of festival quality and satisfaction on visitor behavioral intentions. Event Management, 15(3), 293–303.

Surabaya, Suara. (2018). Jazz Traffic Festival, berawal dari program siaran radio ke Festival Jazz Terbesar di Jawa Timur. Retrieved ftom https;//www.mldspot.com/music/jazz-traffic-festival-berawal-dari-program-siaran-radio-ke-festival-jazz-terbesar-di-Jawa. Diakses pada 18 Maret 2020

White, C. J. (2010). The impact of emotions on service quality, satisfaction, and positive word-of-mouth intentions over time. Journal of Marketing Management, 26(5–6), 381–394.

Wong, A. (2004). The role of emotional satisfaction in service encounters. Managing Service Quality: An International Journal, 14(5), 365–376.

Wong, J. H.-C. W. and C.-C. C. (2014). An Empirical Analysis of Synthesizing the Effects of Festival Quality, Emotion, Festival Image and Festival Satisfaction on Festival Loyalty: A Case Study of Macau Food Festival. Tourism, 16, 1–16.

Yang, J., Gu, Y., & Cen, J. (2011). Festival tourists’ emotion, perceived value, and behavioral intentions: A test of the moderating effect of festivalscape. Journal of Convention and Event Tourism, 12(1), 25–44.

Yoon, Y. S., Lee, J. S., & Lee, C. K. (2010). Measuring festival quality and value affecting visitors’ satisfaction and loyalty using a structural approach. International Journal of Hospitality Management, 29(2), 335–342.

Zulkarnain, A. (2014). Pengaruh Event Service Quality, Event Cost Dan Event Convienience Terhadap Event Venue Satisfaction Di Jakarta Convention Centre. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 7(2), 157.

Article Metrics

Abstract view(s): 514 time(s)
PDF: 644 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.