HUBUNGAN ANTARA LATIHAN FISIK DAN KAPASITAS VITAL PARU (KV) SERTA VOLUME EKSPIRASI PAKSA DETIK PERTAMA (VEP1) PADA SISWA PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE DI SUKOHARJO

Sri Wahyu Basuki(1*), Agus Siswanto Jeny(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Kapasitas pernapasan penting untuk mengetahui fungsi ventilasi sistem pernapasan. Kapasitas pernapasan yang normal akan mencukupi kebutuhan oksigen sel sehingga metabolism sel optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lama latihan fisik dan kapasitas vital paru (KV) serta volume ekspirasi paksa detik pertama (VEP1) pada siswa pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate di Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Subyek penelitian ini adalah siswa pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate di Sukoharjo. Metode pengambilan sampel secara purposive random sampling. Besar sampel 42 orang yang terdiri atas 21 (50%) sampel responden dan 21 (50%) sampel kontrol.. Hasil penelitian diuji dengan uji statistik uji t tidak berpasangan  dan Mann Whitney. Hasil penelitian tentang hubungan latihan fisik dan KV dengan uji analisis diperoleh nilai P = 0,000. Hasil  penelitian tentang hubungan latihan fisik dan VEP1 dengan uji analisis uji t tidak berpasangan   diperoleh nilai P = 0,000. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang bermakna antara latihan fisik dan kapasitas vital paru serta volume ekspirasi paksa detik pertama pada siswa pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

 Kata Kunci: KV,VEP1, latihan fisik

Full Text:

PDF

References

Cooper KH. 1983. Aerobik.Cetakan kelima.PT. Gramedia. Jakarta.

Dahlan, M. S. 2009. Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel. Jakarta : Salemba Medika.

Dahlan, M. S. 2009. Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta : Salemba Medika.

Djojodibroto, D. 2009. Respirologi (Respiratory Medicine). Jakarta: EGC

Fox, S. I. 2003. Muscle :Mechanism of Contraction and Neural Control. In : Fox

SI. Human Physiology, 8nd ed. Kota : McGraw-Hill; p. 343.

Sherwood, LI. 2001. Fisiologi Manusia. Jakarta : EGC.

Widiastuti PA, Kushartanti BMW, Kandarina IBJ. Pola makan dan kebugaran jasmani atlet pencak silat selama pelatihan daerah pekan olahraga nasional XVII Provinsi Bali 2008.2009. Jurnal Gizi Klinik Indonesia.

Wilmore, H.J., and Costill, DL., 1994. Physiology of Sport And Exercise, USA: Human Kinetics, Champaign.

Article Metrics

Abstract view(s): 784 time(s)
PDF: 2468 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.